News

Ini Harapan Gubri Syamsuar Pasca Ditetapkannya Benteng Tuanku Tambusai Menjadi Cagar Budaya

 

SUARA PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengunjungi Benteng Tuanku Tambusai atau dikenal dengan nama Benteng Tujuh Lapis. Destinasi wisata ini merupakan sebuah peninggalan sejarah. Lokasinya berada di Desa Dalu-dalu, Kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Gubri Syamsuar menyampaikan, saat ini  Benteng Tujuh Lapis telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai cagar budaya nasional.

"Dengan telah ditetapkannya Benteng Tujuh Lapis ini sebagai cagar budaya nasional, kami berharap masyarakat yang ada di wilayah ini dapat memeliharanya. Karena saat ini Benteng Tujuh Lapis telah menjadi aset nasional, bukan lagi aset daerah, jadi tolong dijaga dan dipelihara dengan baik," ucap Gubri Syamsuar saat meninjau Benteng Tujuh Lapis, Rabu (28/6/2023).

 

Kedepannya, sebut Gubri, harus ada penataan kawasan, pendanaannya bisa melalui menteri PUPR, Menteri Pendidikan, Pemerintah Provinsi Riau (Pemprov Riau, dan Pemerintah Kabupaten. Kemudian, disampaikan, bahwa Benteng Tujuh Lapis ini dapat difungsikan sebagai sarana edukasi termasuk kawasan pariwisata cagar budaya.

"Saya sudah melakukan pebincangan bersama Bupati Rohul terkait revitalisasi kawasan ini [Benteng Tujuh Lapis]. Ini adalah aset yang tidak bisa hilang, sekaligus bisa sebagai wadah edukasi untuk anak-anak kita dan juga dapat menjadi pilihan untuk wisatawan berwisata," ujarnya

Untuk menarik wisatawan mancanegara, sebutnya, harus dipersiapkan program sosialisasi terhadap benteng tujuh lapis tersebut. Kawasan tersebut harus disosialisasikan, agar orang tau ada peninggalan sejarah.

"Hrapan kami warga setempat mempersiapkan usaha-usaha ekonomi kreatif. Kehadiran kami pada hari ini juga sebagai upaya menginformasikan kepada masyarakat Riau dan masyarakat Indonesia bahwa di sini ada tempat perjuangan sejarah pahlawan kita yaitu Tuanku Tambusai, dan Benteng Tujuh Lapis ini adalah buktinya," tandasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan