News

Guru di Riau Diminta Tingkatkan Kompetensi, Ini Saran Gubri Syamsuar

 

SUARA PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengajak guru-guru di Riau untuk meningkatkan kompetensinya. Sebab pendidikan yang berkualitas sangat dipengaruhi oleh guru-guru yang berkompenten.

Guna meningkatkan kompetensi para guru di Riau, Gubri Syamsuar mengaku sudah mengajak universitas yang di Riau dan  Universitas Negeri Padang untuk memberikan pelatihan kepada para guru di Riau.

"Nanti guru-guru ini kita bantu, kita berikan beasiswa, mereka bisa mengikuti pelatihan dan sertifikasi atau melanjutkan pendidikannya. Supaya kompetensi guru-guru kita bisa meningkat," kata Gubri Syamsuar disela peresmian SMK Negeri 1 Tempuling, Rabu (21/6/2023).

Gubri menegaskan, untuk menciptakan lulusan yang siap bekerja dan lulusan yang siap bersaing harus diberikan pendidikan yang berkualitas.

Pendidikan yang berkualitas tersebut bisa terwujud jika guru yang mengajarkan kepada anak didiknya memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidang nya masing-masing.

"Jangan sampai guru bahasa inggris mengajarkan perbengkelan, itu tidak akan bisa masuk," katanya.

Diakui Gubri selain persoalan kompetensi, saat ini Riau juga dihadapkan dengan kebutuhan guru yang masih kurang. Sebab setiap tahun selalu ada guru yang memasuki pensiun.

"Kita masih kekurangan guru SMK, karena banyak yang pensiun setiap tahunnya," kata Gubri Syamsuar.

Pemerintah sudah berupaya untuk mencukupi kebutuhan guru melalui skema penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Namun sayang, tidak semua formasi yang dibuka terisi. Sebab para peserta tidak lulus seleksi.

"Seleksi PPPK sudah dibuka, tapi banyak yang tidak lulus karena tak memenuhi standar, tidak sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan," katanya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan