News

5 Larangan yang Harus Diketahui Jemaah Haji Selama di Mekkah dan Madinah

 

SUARA PEKANBARU - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Dr. H. Mahyudin, MA berpesan kepada Jemaah haji Riau agar mematuhi peraturan yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi baik di Makkah maupun di Madinah.

Jemaah haji wajib mematuhi beberapa larangan yang telah ditetapkan diantaranya dilarang merokok sembarangan. Jemaah yang kedapatan merokok bukan hanya didenda tapi juga kurungan

“Jemaah yang memiliki ketergantungan dengan rokok, sebaiknya selama berada di tanah suci untuk berpuasa/tidak merokok lebih dahulu atau jika tidak bisa juga, jangan merokok disembarang tempat. Bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi,”ungkap Mahyudin, Kamis (8/6/2023).

Kedua dilarang membuang sampah disekitaran Masjidil haram dan juga di Masjid Nabawi.

“Bila melihat sampah, kita bantu ambil dan kita buang pada tempat yang sudah disediakan. Kita berbuat baik di rumah Allah, insyaallah berpahala dan kita pun senang jika tempat ibadah kita bersih,”tambahnya.

Ketiga, jemaah dan semua petugas dilarang membentangkan spanduk atau tanda-tanda yang mencirikan kelompoknya, baik di Masjid Nabawi maupun Masjidilharam.

“Misalnya ada sesi foto, jika kita membentangkan spanduk Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah, itu dilarang oleh pemerintah arab saudi. petugas kloter maupun ketua regu tolong sampaikan ke jemaah jangan lakukan. Sebab bisa langsung ditangkap oleh Askar,"terang Kakanwil Kemenang Riau.

Keempat, jemaah dilarang mengambil barang atau benda tercecer tanpa koordinasi terlebih dahulu kepada pihak keamanan.

"Walaupun kita punya niat baik untuk mengamankan, jangan sekali – kali mengambil barang yang bukan milik kita atau tercecer, biarkan saja karena di sekitar masjid ini ada CCTV. Maksudnya itu baik tapi dianggap tidak baik. Jadi ketika melihat ada barang yang tercecer jemaah sebaiknya melapor,”tambahnya.

Terakhir, jemaah dilarang berkumpul atau berkerumun ketika berada di dalam atau di luar halaman Masjidilharam atau Masjid Nabawi.

"Itulah larangan yang perlu dicermati dan dipatuhi agar jemaah menjalankan ibadah dengan lancar, tertib dan khusuk”tutup mahyuidin menjelaskan.

Jemaah haji Riau saat ini sudah ada yang berada di Makkah dan masih ada yang di Madinah untuk menyelesaikan Arbain dan Ziarah ke beberapa tempat.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan