News

6 Kloter Jemaah Haji Asal Riau Sudah Berada di Mekkah

 

SUARA PEKANBARU - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Riau, Dr H Mahyudin MA menjelaskan bahwa hingga hari Rabu (7/6/2023) sudah 6 Kloter asal Provinsi Riau sudah berada di Kota Makkah Al Mukarramah untuk melanjutkan ibadah ibadah haji dan umrah.

"Ahamdulillah, 6 kloter Jemaah haji asal Provinsi Riau sudah berada di kota Makkah, diantaranya ialah Kloter 02, 04, 06, 07, 08 dan 09. Keseluruhannya sudah selesai melaksanakan rangkaian umrah wajib dan bersiap menunggu rangkaian ibadah haji," terang Mahyudin.

Saat ini, sambung Mahyudin, jemaah tengah memanfaatkan waktu untuk melaksanakan shalat wajib di masjidil Haram dan melakukan ziarah.

"Sedangkan yang masih berada di Madinah, jemaah masih melaksanakan Arbain dan Ziarah kebeberapa tempat di Kota Madinah," ujar Mahyudin.

Mahyudin menjelaskan, seperti halnya kloter BTH 09 baru saja selesai melaksankan Ibadah umrah setibanya mereka (jemaah) di kota mekkah.

"Sedangkan untuk Kloter BTH 10, hari ini Rabu pada pukul 08.00 WAS baru bertolak menuju Kota Makkah Al Mukarramah," terang Mahyudin.

Berikut beberapa kegiatan Jemaah Haji asal Provinsi Riau baik yang ada di Kota Makkah maupun yang berada di Kota Madinah menurut keterangan yang disampaikan Kanwil Kemenag Riau, Dr H Mahyudin MA.

Kloter BTH 09 berjumlah sebanyak 370 orang Jemaah, pada Selasa Siang 6 juni 2023 Pukul 14.00 WAS telah bergerak menuju kota suci Makkah. Dengan menggunakan 9 bus Jamaah sampai di tanah suci Makkah pada malam pukul 22.15 WAS.

"Pada Pukul 12.00 WAS dini hari, Jemaah Haji langsung menuju masjidil haram untuk melaksanakan rangkaian Umrah, tawwaaf Wajib dan dilanjutkan dengan sa'i serta tahallul. Rangkain umroh selesai dilaksanakan kurang lebih 30 minit menjelang shalat subuh," ujar Mahyudin.

Kloter BTH 04 berjumlah 369 orang jemaah haji, dan dari kesekian jumlah JCH tersebut, 50 orang merupakan resti. Sementara itu Dua orang jamaah BTH 04 atas nama Yusnidar Binti Ibrahim Doni dan Akhmad Arief yang dirujuk Ke KKHI tanggal 05 juni 2023 kondisi mereka sudah membaik.

Kloter BTH 15 hingga saat ini masih melaksanakan Arbain. Sedangkan untuk melakukan ziarah ke raudhah direncanakan pada hari jumat mendatang.

"Saat ini kloter BTH 15 sedang melakukan edukasi dan pembinaan manasik umrah. Sedangkan jadwal ziarah ke Raudhah sebagaimana tasreh yang didapat, direncanakan pada hari Jumat dinihari pukul 01.00 untuk laki- laki dan jam 06.30 untuk perempuan," terang Mahyudin.

Jemaah yang merupakan gabungan Kabupaten Siak dan Kepulauan Meranti ini akan mengakhiri Arbainnya pada Subuh hari Senin, 12 Juni 2023, selanjutnya akan diberangkatkan menuju kota mekkah Al Mukarromah untuk melaksanakan Umrah Wajib dan Rangkaian Ibadah haji lainnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan