News

Pesan PPIH Riau untuk JCH

 

SUARA PEKANBARU - Calon jemaah haji (CJH) Provinsi Riau dihimbau agar menjaga kesehatan. Baik selama di tanah air, maupun nanti saat di Arab Saudi.

Hal ini disampaikan oleh dr. Afrilis M.Kes, selaku Tenaga Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Provinsi Riau.

Ia mengungkapkan hal tersebut menimbang padatnya aktivitas calon jemaah haji (CJH) Provinsi Riau, mulai dari keberangktan dari daerah asal ke tanah suci Mekkah, hingga nanti kembali lagi ke Indonesia.

“Mereka (CJH) inikan berangkat dari daerah asal ke Pekanbaru dari subuh. Sampai sini sudah malam. Besoknya berangkat ke Arab Saudi, sesampainya disanakan mereka juga beraktivitas kembali. Jadi keehatan badan itu sangat perlu diperhatikan,” terangnya. Minggu, (28/5/2023).

Afrilis melaporkan keluhan yang sering dialami para CJH saat mendatangi Poliklink Embarkasi Haji Antara Riau diantaranya kambuhnya penyakit maag dan naiknya tekanan darah tinggi.

“Keluhan CJH biasanya kalau kesini (Poliklinik) itu tekanan darahnya naik. Tadi ada CJH yang tekanan darahnya mencapai 160, setelah kami berikan penanganan dan minum obat, alhamdulillah turun jadi 120,” jelasnya.

Untuk itu, Afrilis menghimbau kepada para CJH khususnya kategori lanjut usia (Lansia) yang memiliki riwayat penyakit bawaan atau serius untuk mempersiapkan obat - obatannya sebelum berangkat dari daerah asalnya (Kabupaten/Kota).

“Dari awal saat cek kesehatan, CJH sdah saya ingatkan. Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit untuk terlebih dahulu konsul ke dokter mereka masing - masing. Minta obat untuk 40 hari kedepan. Soalnyakan takutya mereka ada yang tidak cocok dengan obat dari luar (Arab Saudi),” katanya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan