News

Gubri Syamsuar Sebut Inflasi Riau Turun Hingga 4,9 Persen

 

SUARA PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menjelaskan bahwa Inflasi saat ini secara nasional turun dengan angka 4,3 persen sama halnya dengan Provinsi Riau yang mengalami penurunan dan tinggal 4,9 persen.

Sesuai data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Indeks Harga Konsumen (IHK) di Provinsi Riau pada April 2023 mencapai 114,79 dengan inflasi Year on Year (YoY) sebesar 4,90 persen. Meski demikian, secara bulanan, terjadi deflasi sebesar 0,02 persen.

"Alhamdulillah secara nasional Inflasi kita turun 4,3 persen dan di Provinsi Riau juga turun sehingga sekarang tinggal 4,9 persen," kata Syamsuar di Mapolda Riau, Kamis (4/5/2023).

Dari tiga kota IHK di Provinsi Riau, seluruhnya mengalami inflasi YoY, diantaranya Kota Pekanbaru mengalami inflasi sebesar 4,93 persen dan deflasi bulanan sebesar 0,01 persen, Kota Dumai mengalami inflasi sebesar 5,29 persen dan deflasi bulanan sebesar 0,16 persen, dan Tembilahan mengalami inflasi sebesar 3,35 persen dan inflasi bulanan sebesar 0,42 persen.

Diketahui Inflasi YoY disebabkan oleh kenaikan harga yang terjadi pada sebagian besar kelompok pengeluaran. Kelompok transportasi menunjukkan kenaikan harga tertinggi, yaitu sebesar 16,04 persen, diikuti oleh kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 6,62 persen.

Untuk komoditas yang memberikan andil terbesar pada inflasi YoY diantaranya adalah bensin, beras, rokok kretek filter, angkutan udara, telur ayam ras, mobil, nasi dengan lauk, kontrak rumah, sewa rumah, dan bakso siap santap.

Sementara itu, kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan mengalami deflasi sebesar 0,81 persen serta terjadi deflasi bulanan pada beberapa komoditas, seperti cabai merah, cabai rawit, ikan tongkol, beras, apel, ayam hidup, tomat, dan kangkung

Meskipun inflasi di Provinsi Riau turun, orang nomor satu di Riau ini berpesan agar semua pihak tidak lengah dan terus melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya agar bisa inflasi dikendalikan.

"Tetap tidak bisa dibiarkan, perlu dukungan kita bersama dalam rangka mengendalikan inflasi serta harga bahan pokok yang menjadi kebutuhan masyarakat disini," imbuhnya

"Tanpa kerja sama dan kekompakan taka akan tercapai prestasi-prestasi baik secara nasional maupun provinsi," pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan