News

Gubri Syamsuar Dijadwalkan Hadiri Raya Enam di Kampar

 

SUARA PEKANBARU - Perayaan Hari Raya Enam (Ghayo Onam) yang sudah menjadi tradisi turun temurun dan menjadi aktifitas keagamaan yang rutin dilakukan masyarakat Kabupaten Kampar, Insyaallah pada perayaan dan ziarah kubur ini akan dihadiri langsung oleh oleh Gubernur Riau dan Forkopimda Riau.

Hal ini di sampaikan saat Pj Sekda Kampar Azwan, saat memimpin rapat persiapan penyambutan hari Raya Onam yang diadakan di Ruang Rapat Bupati Kampar lantai II, Jum’at (28/4/2023).

Dikatakan Pj Sekda Kampar bahwa ini merupakan kegiatan keagamaan rutin masyarakat Kampar dan telah berlangsung sejak bertahun-tahun lampau, oleh sebab itu perayaan yang dikenal dengan Aghi Ghayo Onam  atau ziarah kubur  tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita semua

"Oleh sebab itu kita akan kedatangan tamu dari berbagai daerah termasuk dari Pemerintah Provinsi Riau, oleh sebab itu kita lakukan berbagai persiapan," Kata Pj Sekda Azwan.

"Kepada seluruh OPD terkait agar dapat menjalankan tugas dan fungsi masing-masing, sehingga tidak terjadi kendala yang menyebabkan tidak khidmatnya kegiatan Ziarah kubur ini," Pinta Pj Sekda lagi.

Diingatkan Pj Sekda Kampar untuk itu mari kita ramaikan dan Meriahkan Ghayo Onam dan ziarah Kubur yang merupakan satu-satunya yang ada di Riau.

Sementara itu, Sekretaris Camat Bangkinang Komaruddin menyampikan bahwa kegiatan ini telah dua tahun tidak terlaksana, maka untuk tahun ini di prediksi akan lebih ramai di hadiri oleh peziarah dari Kecamatan Bangkinang maupun dari masyarakat  Bangkinang yang berasal dari perantauan.

Dikatakan komaruddin pada Ghayo Onam ini akan kita tempatkan pada beberapa titik diantaranya pelepasan di Masjid Baitur Rahman Kampung Godang, Titik kedua di Masjid Mujahiddin Muara Uwai  dan makan bersama Masjid Al-Falah Kelurahan Pulau.

Sementara dari rapat tersebut untuk tempat telah disiapkan oleh Kepala Desa masing-masing lokasi sedangkan untuk publikasi Baliho dan spanduk telah dipasang dibeberapa lokasi strategis maupun di Pusat kegiatan, dan siap untuk dipublikasikan melalui media oleh Diskominfo dan Persandian Kabupaten Kampar. Hal senada juga disampaikan oleh Dinas Perhubungan siap berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait dengan pengaturan lalu lintas yang di yakini akan sangat padat, Begitu juga terkait dengan pengamana oleh Satpol PP.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan