News

Pj Walikota Perintahkan PUPR Gerak Cepat Atasi Luapan Sungai Batak

SUARA PEKANBARU - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun, S.STP M.AP memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk bergerak cepat mengatasi luapan air di Sungai Batak. 

Tidak hanya itu, ia juga meminta agar pemerintah kota dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Syoffaizal M.Si untuk segera menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak luapan Sungai Batak tersebut.

"Kita sudah meminta PUPR dan juga Asisten I untuk turun bersama Baznas. Selain melakukan pemantauan, kita juga mengarahkan untuk memberikan bantuan ke daerah sekitar banjir. Karena memang kebetulan saya sedang tidak di tempat," ucap Muflihun, Selasa (4/10/2022). 

Berdasarkan laporan Dinas PUPR, kata dia, hujan lebat yang mengguyur Kota Pekanbaru pada Senin (3/10) malam mengakibatkan sejumlah sungai tak mampu menampung volume air seperti Sungai Siak, Sago, Sail dan Sungai Sibam. 

"Selain itu tingkat ketinggian air di Sungai Siak itu tinggi dari biasanya, makanya tadi malam ketika hujan luar biasa, air kita ini gak tertampung. Sungai-sungai kecil juga penuh semua. Dan ini baru pula, biasa hujan gak separah inikan, tapi ini semua penuh," ujarnya. Untuk itu, ia menginstruksikan Dinas PUPR melakukan pengecekan mulai dari saluran pembuangan air, anak sungai, hingga ke sungai-sungai besar.

"Kita cek jangan sampai ada sampah tersumbat agar aliran airnya lancar," ucapnya. Mengingat volume air tidak seperti biasa, dikhawatirkan hujan di daerah tetangga airnya mengalir ke wilayah Pekanbaru. "Jadi ini memang di luar prediksi kita. Kecuali sungai gak penuh, kemudian banjir, itu lain cerita. Ini memang semua sungai penuh," tutupnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan