News

Alhamdulillah, Ternak di Pekanbaru Masih Terbebas dari Penyakit Ngorok

SUARA PEKANBARU - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru memastikan belum ada ternak yang terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Septicaemia Epizootia (SE) atau penyakit ngorok pada ternak di Pekanbaru. Meskipun begitu, peternak diimbau waspada dan segera melapor jika ada gejala pada ternaknya.

"Di Pekanbaru belum ada yang terpapar. Tetapi warga bisa segera melapor ke dinas kita jika merasa curiga atau melihat gejala ternak sakit," ujar Kabid Distankan Kota Pekanbaru Herlandria, Selasa (4/10).

Ia menjelaskan, Pemko Pekanbaru terus melakukan upaya vaksinasi ternak agar tidak rentan terpapar virus. Ia mengimbau warga melapor jika ada hewan yang belum mendapatkan vaksin.

"Untuk PMK kita sudah ada vaksinnya, gratis dan bisa datang langsung ke kantor kalau mau minta hewannya divaksin. Nah, untuk SE saat ini kita belum ada diarahkan untuk vaksinasi," jelasnya.

Selain itu, Herlandria juga meminta peternak menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga kuman penyakit tidak bersarang di kandang hewan ternak.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan