News

Masyarakat Pekanbaru Diimbau Segera Melapor Jika Temukan Gejala PMK Pada Hewan Ternak

SUARA PEKANBARU - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru, mengimbau warga untuk melapor jika menemukan gejala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Para peternak bisa melaporkan segera ke Distankan Pekanbaru atau kepada penyuluh setempat. Hal ini guna menindaklanjuti dan memutus penyebaran PMK pada hewan ternak.

Kepala Distankan Kota Pekanbaru drh Muhammad Firdaus mengatakan, bahwa belum ditemukan hewan ternak yang terpapar PMK. Hewan ternak di Kota Pekanbaru masih aman dari PMK.

"Dari pantauan kita belum ada hewan ternak di Pekanbaru yang mengalami gejala PMK ataupun gejala yang mendekati PMK," jelasnya, Senin (26/9).

Untuk memastikan hal itu, pihaknya pun sudah melakukan pengambilan sampel darah dan mengirim ke Bukittinggi. Sejumlah sampel hewan ternak di Pekanbaru juga sudah diambil untuk diperiksa dan hasilnya negatif.

Dirinya pun mengimbau agar peternak memisahkan hewan ternak yang berasal dari daerah yang tertular dengan ternak sendiri.

"Kami juga telah melaksanakan vaksinasi hewan ternak sapi dan kerbau sebanyak 1382 ekor di 27 titik Kota Pekanbaru," pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan