News

Masyarakat Pekanbaru Diimbau Cegah Sepsis, Apa Itu?

SUARA PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy mengimbau masyarakat mencegah Sepsis. Ia menjelaskan bahwa Sepsis merupakan manifestasi tubuh terhadap infeksi berat.

Zaini menyampaikan bahwa ada infeksi lokal dan infeksi sistemik. "Jadi kalau Sepsis itu, infeksi sistemik di tubuh sehingga harus dapat pertolongan, karena berakibat fatal," ulasnya.

Dirinya bahwa Sepsis disebabkan infeksi bakteri, maka harus diketahui penyebab infeksinya. Dokter harus mengetahui penyebab infeksinya agar bisa diberi antibiotik yang sesuai.

Apalagi tidak tertutup kemungkinan bakteri itu kebal terhadap antibiotik tersebut. Ia menyatakan bahwa gejala Sepsis adalah demam tinggi.

"Tapi saat kuman sampai di otak sehingga mengatur suhu tubuh dan menjadi penyebab hipotermia sehingga pasien pun menggigil," ulasnya.

Sepsis juga menyebabkan denyut jantung yang tinggi tetapi tekanan darah menurun. Nafas pun lebih cepat hingga mengalami penurunan kesadaran seperti koma.

"Kebanyakan Sepsis menjangkiti pasien dengan infeksi berat seperti diabetes misalnya, daya tubuhnya lemah. Ketika diserang bakteri dan kuman, lebih mudah menyerang ke seluruh tubuh," ujarnya.

Cara untuk mencegah Sepsis tergantung pemicu pasien bisa Sepsis. Apabila butuh antibiotik maka pasien bisa diberi antibiotik.

Sedangkan untuk pencegahan awal dengan cepat membawa pasien ke rumah sakit agar pemeriksaan kesehatan pasien lebih menyeluruh.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan