News

Pj Walikota Pekanbaru Segera Bahas Penggunaan Mobil Listrik

SUARA PEKANBARU - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun segera membahas penggunaan mobil listrik. Ia akan segera menggelar rapat khusus.

"Saya akan menggelar rapat khusus. Supaya, para pejabat sudah lebih dahulu menggunakan mobil listrik," kata Pj Wali Kota Muflihun, Jumat (16/9).

Diharapkan, mobil dinas bisa segera diganti ke mobil listrik. Namun, ada aturan dalam penggunaan mobil listrik ini.

"Saya belum baca aturannya. Saya pelajari dahulu, siapa yang boleh dan tidak boleh menggunakan mobil listrik," ucap Muflihun.

Sebagai informasi, Pemprov Riau telah mengkampanyekan transisi energi bersih ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama dan konvoi kendaraan listrik di Kota Pekanbaru, Minggu (11/9). Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan, penggunaan kendaraan listrik tanpa polusi udara dan suara dapat menurunkan biaya operasional dari penggunaan kendaraan Berbahan Bakar Minyak (BBM).

“Kami mengajak masyarakat untuk mengubah perilaku di tengah harga BBM yang semakin meningkat, sekaligus pelestarian lingkungan sesuai dengan program Riau Hijau,” katanya.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, Agung Murdifi mengatakan, konversi motor BBM ke motor listrik merupakan salah satu solusi dari penurunan biaya subsidi dan dekarbonisasi.

Mobil BBM dengan jarak tempuh 10 kilometer menghabiskan 1 liter BBM menghasilkan 2,4 kilogram (kg) CO2. Sedangkan mobil listrik dengan jarak sama hanya menghabiskan 1,5 kWh yang menghasilkan 1,3 kg CO2.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan