News

BPBD Pekanbaru Ingatkan Masyarakat Jaga Kebersihan Saluran Air

SUARA PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, menghimbau warga agar mewaspadai banjir jelang memasuki musim penghujan di Oktober mendatang.

"Di Oktober curah hujan diperkirakan akan tinggi," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, Rabu (7/9).

Disampaikannya, salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meminimalisir banjir dengan cara menjaga kebersihan lingkungan terutama saluran pembuangan air.

Dalam hal ini, warga diingatkan untuk tidak membuang sampah ke dalam parit karena akan menghambat aliran air yang kemudian bisa memicu terjadinya banjir.

"Kami berharap masyarakat membuang sampah pada tempatnya. Kalau aliran tersumbat, tentu bisa menyebabkan banjir," ujarnya.

Sementara itu dari BPBD sendiri, disebutkan Zarman, bersama OPD terkait terus berupaya melakukan penanganan di lapangan.

"Kami juga sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat bagaimana cara pencegahan agar tidak terjadi banjir. Karena kita di Pekanbaru ini dihadapkan pada dua musim. Musim kemarau kita rawan karhutla, dan musim hujan timbulnya banjir," tutupnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan