News

Angka Kematian Covid-19 di Riau Meningkat 2 Bulan Terakhir

SUARA PEKANBARU - Dinas Kesehatan provinsi Riau mencatat dalam kurun waktu dua bulan terakhir, angka kematian akibat Covid-19 di provinsi Riau mengalami peningkatan. Peningkatan kasus kematian tersebut juga berbanding lurus dengan peningkatan kasus harian Covid-19 di Riau.

Kepala Dinas Kesehatan Riau Zainal Arifin mengatakan, pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia tersebut, rata-rata memiliki penyakit penyerta atau komorbid, berusia lanjut dan juga belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 lengkap.

"Dari data yang kami miliki, belakangan ini selain kasus Covid-19 yang naik, angka kematian akibat Covid-19 di Riau juga meningkat. Sejak 31 Juli hingga 23 Agustus 2022, ada 11 pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia. Sebelumnya dari 5 Mei sampai 31 Juni tidak ada kasus kematian," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, kasus harian Covid-19 di Riau belakangan juga mengalami kenaikan fluktuatif dan berasal dari klaster keluarga. Dari klaster keluarga tersebut, yang akan mengalami dampak cukup parah yakni jika menjangkiti orang tua yang sudah berusia lanjut.

"Rata-rata saat ini masih dari klaster keluarga penularannya. Kalau untuk klaster lainnya seperti sekolah belum ada," ujarnya.

Dengan trend kenaikan kasus Covid-19 tersebut, pihaknya mengimbau masyarakat yang belum vaksin, agar segera vaksin dengan dosis lengkap. Karena masyarakat yang sudah vaksin lengkap hingga dosis ketiga atau booster, anti bodinya terbukti meningkat.

"Kalau untuk sarana mendapatkan vaksinasi Covid-19 sudah banyak, kami juga menyediakan mal vaksinasi di Jalan Melur, Pekanbaru. Mal ini buka 12 jam setiap hari dan tujuh hari dalam seminggu," sebutnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan