News

35 Ribu Lebih Peserta KB di Pekanbaru Gunakan Kontrasepsi Suntik

SUARA PEKANBARU - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Pekanbaru mendata sebanyak 35.782 peserta KB Aktif gunakan alat kontrasepsi jenis suntik. Angka puluhan ribu tersebut tersebar di 12 kecamatan.

Disampaikan Kepala Disdalduk KB Kota Pekanbaru, Muhammad Amin kepada media, Kamis (11/11/2020), untuk Kecamatan Sukajadi terdata sebanyak 1.216 peserta KB aktif gunakan suntik.

Kemudian untuk Kecamatan Pekanbaru Kota sebanyak 542 orang yang menggunakan suntik. Kecamatan Sail sebanyak 686 orang. Kecamatan Lima Puluh 686 orang. Kecamatan Senapelan 859 orang.

Kemudian di Kecamatan Rumbai sebanyak 4.556 orang. Kecamatan Bukit Raya sebanyak 3.739 orang. Kecamatan Tampan sebanyak 6.850 orang peserta KB aktif gunakan suntik.

Kecamatan Marpoyan Damai sebanyak 4.309 orang gunakan alat kontrasepsi jenis suntik. Kecamatan Payung Sekaki sebanyak 3.737 orang. Kecamatan Rumbai Pesisir sebanyak 4.097 orang. Dan di Kecamatan Tenayan Raya sebanyak 4.505 orang.

"Ini salah satu upaya yang kita lakukan dalam pengendalian penduduk. Selain itu melalui pendewasaan usia perkawinan, baik kuantitas maupun kualitas," ujar Muhammad Amin kepada media.

Diberitakan sebelumnya, dari berbagai jenis alat kontrasepsi seperti IUD, Implant, metode operasi pria (MOP), dan metode operasi wanita (MOW), yang paling tinggi digunakan masyarakat Kota Pekanbaru jenis alat kontrasepsi suntik.

Ini disampaikan Kepala Disdalsuk KB, Muhammad Amin. "Saat ini di Pekanbaru suntik yang paling tinggi, dibawah itu pil. Dari Evaluasi saat ini kita cukup bagus capaian MKJP kita di Provinsi Riau. Malah saat ini MKJP kita melebihi dari pada non MKJP. Non Metode Kontrasepsi Jangka Pendek, lebih banyak jangka panjang," terang Muhammad Amin.

Dalam upaya menurunkan atau menstabilkan angka kelahiran, Disdalduk KB siapkan berbagai alat kontrasepsi, seperti IUD, MOP, MOW, Kondom, Implant, Suntik, dan Pil.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan