News

Hanya 3 Kabupaten di Riau yang Masih Bebas dari Penyakit PMK

SUARA PEKANBARU - Saat ini 9 dari 12 kabupaten kota di Riau sudah ditemukan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Juru Bicara Satgas Penanganan PMK Provinsi Riau, Faralinda Sari, Sabtu (20/8/2022) mengatakan, bertambah 1 daerah dari semula 8 daerah di Riau yang terserang Penyakit Mulut dan Kuku.  

Jadi, saat ini, ada total 9 daerah di Riau yang sudah terserang PMK di Riau. Yakni Rohul, Siak,Inhil, Kampar, Bengkalis, Inhu, Pelalawan, Kuansing dan kota Dumai.

Dari total 12 kabupaten kota di Riau, hanya 3 daerah saat ini yang belum terjangkit PMK, yakni Pekanbaru, Meranti dan Rohil.

Fara merincikan sebaran PMK di delapan kabupaten, diantaranya Rokan Hulu 934 ekor, Siak 280 ekor, Indragiri Hilir 241 ekor, Kampar 25 ekor, Bengkalis 148 ekor, Indragiri Hulu 556 ekor, Pelalawan 124 ekor, Kuansing 951ekor.

"Dan terbaru Kota Dumai 14 ekor," kata drh Fara.

Sejak kasus pertama 19 Mei lalu hingga saat ini 20 Agustus, sudah 3.273 kasus PMK dari total 9 daerah tersebut.

"Sudah 1.972 hewan ternak yang sembuh," ujarnya.

Sebelumnya, Gubri Syamsuar mengatakan bahwa Pemprov telah melakukan berbagai upaya untuk menekan kasus penyebaran virus PMK. Di antaranya dengan membentuk Satgas PMK yang ditetapkan berdasarkan SK Gubernur Nomor: KPTS.1168/VII/2022.

Selain itu, kata dia, Pemprov juga sudah melakukan vaksinasi terhadap 246.487 ekor hewan ternak, melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk membatasi lalu lintas hewan ternak, pengawasan lalu lintas hewan ternak dengan check point.

“Kita ada 5 pintu masuk yang sudah ada check point, yakni di Inhil, Kuansing, Kampar, Rohul dan Rohil,” ujarnya.

Kata Gubri, kebijakan ini merupakan keseragaman dan kesepakatan Gubernur se-Sumatera sebagai salah satu kesepakatan bersama yang dirumuskan dalam Rakorgub se-Sumatera beberapa waktu lalu.

“Intinya membatasi lalu lintas hewan ternak, pemeriksaan di check point dan vaksinasi,” katanya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan