News

Kesbangpol Catat Hanya 140 Ormas di Pekanbaru yang Aktif

SUARA PEKANBARU - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru mengungkapkan bahwa ada sekitar 400 organisasi kemasyarakatan (ormas) yang terdaftar. Namun, organisasi yang aktif hanya sekitar 140 ormas.

Kepala Badan Kesbangpol Pekanbaru Zulfahmi Adrian di Gedung Dharma Wanita Provinsi Riau, Senin (18/7), mengatakan, ormas itu terdiri dari yayasan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan perkumpulan-perkumpulan. Sejauh ini, jumlah ormas cukup banyak.

"Berdasarkan data kami, jumlahnya sekitar 400 ormas. Namun, organisasi yang aktif hanya sekitar 140 ormas," ujarnya.

Diperkirakan, jumlah ormas yang belum terdaftar mencapai ribuan. Karena, sebagai besar ormas tidak melaporkan keberadaannya ke Badan Kesbangpol.

"Kami minta pengurus yayasan untuk aktif dan melapor ke kami. Ormas-ormas ini ada yang melakukan aktivitas di bidang pendidikan, kesehatan, sosial, dan ekonomi," ucap Zul, sapaan akrabnya.

Semua keberadaan ormas harus diketahui sesuai amanat undang-undang dan Permendagri. Sejauh ini, Badan Kesbangpol sudah melakukan upaya-upaya mengajak ormas agar menyampaikan informasi terkait organisasinya.

"Hal ini penting mengingat dinamika di masyarakat Pekanbaru yang heterogen. Tidak menutup kemungkinan ada kegiatan yang harus diawasi," ucap Zul.

Badan Kesbangpol tidak ingin ada penyebaran paham-paham radikalisme dan terorisme di Pekanbaru. Di samping itu, Badan Kesbangpol ingin melakukan pembinaan dan pemberdayaan.

"Apabila sudah diketahui, kita bisa bersama-sama menyukseskan program Pemko Pekanbaru. Di samping itu, aktivitas ormas ini dapat berjalan dengan baik," harap Zul.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan