News

Awasi Pemotongan Hewan Kurban, Distankan Pekanbaru Turunkan Tim Khusus

SUARA PEKANBARU - Sebanyak empat tim melakukan pengawasan terhadap proses pemotongan hewan kurban pada momen Idul Adha 1443 di Kota Pekanbaru. Mereka merupakan tim dari Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Pekanbaru.

"Jadi satu tim ada dua orang yakni dokter hewan dan satu paramedis," papar Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distakan) Kota Pekanbaru melalui Kepala Bidang Peternakan, Herlandria, Sabtu (9/7).

Ada sekitar 1.300 titik pemotongan hewan kurban di masjid dan mushala Kota Pekanbaru dalam Idul Adha ini. Ia menyadari jumlah personel tim belum memadai sehingga pihaknya membuka posko pengaduan bila mendapati hewan kurban terindikasi tertular Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Ada juga sejumlah posko untuk laporan temuan kasus PMK atau mendapati kurban terindikasi tidak sehat. Posko itu yakni di Distankan Kota Pekanbaru, Jalan Jendral Sudirman dan RPH Jalan Cipta Karya Ujung, Kecamatan Tuah Madani.

Kemudia ada juga di BPP Rumbai Jalan Limbungan, Kecamatan Rumbai Timur dan di BPP Kulim Jalan Pesantren, Kecamatan Kulim. Tim nantinya bergerak juga ke sejumlah lokasi pemotongan hewan kurban.

Tim turun ke lokasi pemotongan pada Minggu (10/7/2022) dan Senin (11/7/2022). Ia menyebut banyak penyelenggara kurban melakukan pemotongan pada dua hari tersebut.

"Kita menjangkau lokasi yang terjangkau saja, bila tidak terjangkau bisa sampaikan laporan saja," paparnya.

Dirinya memastikan bahwa tim sudah memeriksa kesehatan hewan di peternakan dan pengumpul. Mereka sudah memeriksa hampir 3.800 hewan kurban.

Mayoritas hewan kurban dalam kondisi sehat sehingga dipastikan tidak tertular PMK. Ia juga memastikan belum ada hewan tertular PMK du Kota Pekanbaru.

Hewan kurban yang hendak dipotong mesti memiliki surat keterangan kesehatan hewan atau SKKH. Surat ini untuk memastikan hewan kurban tersebut dalam kondisi sehat.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan