News

Kebutuhan Hewan Kurban di Pekanbaru Tahun Diprediksi Mencapai 8 Ribu Ekor

SUARA PEKANBARU - Kebutuhan hewan kurban di Kota Pekanbaru pada Idul Adha 1443 H/2022 M diperkirakan masih di angka 8.000 ekor untuk jenis sapi dan kerbau.

Kepala Distankan Kota Pekanbaru Firdaus menyebutkan, ribuan hewan ternak untuk kebutuhan Idul Adha itu biasanya dipasok dar NTT, NTB dan Bali.

"Namun karena lalu lintas ternak terbatas, ada yang karantina, kemungkinan yang banyak datang nanti dari daerah Bengkulu, Lampung, Palembang dan Sumatera Selatan," ungkapnya, Kamis (16/6).

Untuk memastikan hewan kurban yang masuk ke Pekanbaru terhindar dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), terang Firdaus, pihaknya secara rutin melakukan pemantauan ke titik-titik tempat penampungan hewan ternak.

"Sejauh ini Insyaallah untuk Pekanbaru tak ada yang kena PMK ini," ucapnya.

Lebih jauh disampaikan Firdaus, ada dua tim yang diterjunkan guna mengantisipasi PMK yang rentan menyerang ternak seperti sapi, kerbau dan kambing.

"Masing-masing tim terdiri dari 7 hingga 8 orang," paparnya.

Sementara itu khusus hewan ternak yang dari luar daerah dan langsung dipasok ke masjid, Distankan akan memastikan seluruhnya memiliki surta izin masuk dan surat kesehatan hewan dari tempat asal.

"Selain itu kita nanti juga akan mengirim surat ke Kementerian Agama Pekanbaru yang tembusannya itu nanti ke KUA-KUA (Kantor Urusan Agama)," pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan