Bebual

Asisten 1 Setdako Pekanbaru Klaim Covid-19 Terkendali, Ini Alasannya

SUARA PEKANBARU - Sebaran kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru sudah terkendali. Kondisi ini membuat Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

Asisten I Setdako Pekanbaru, Syoffaizal mengatakan, berdasarkan evaluasi penanganan Covid-19 pada PPKM level 3, reproduction number di Kota Pekanbaru berada di posisi 0,6.

"Ada dua indikator WHO yang kita penuhi dan sudah terkendali. Kalau sudah dibawah satu dianggap sudah terkendali. Artinya, untuk 1 kasus positif itu menularkan hanya ke 0,6 orang saja," terang Syoffaizal, Kamis (14/4).

Menurutnya, indikator lain yang dipenuhi adalah positif rate. Untuk Kota Pekanbaru saat ini berada di angka 3,8 persen. Sementara idealnya dibawah 5 persen untuk kategori terkendali.

Artinya, dari 100 orang yang menjalani pemeriksaan swab PCR ditemukan 3,8 persen yang positif Covid-19.

"Kalau kita mengacu pada indikator ini, sebenarnya kasus Covid-19 di Pekanbaru sudah melandai. Kemarin hanya ada tambahan dua kasus positif sehari," jelasnya.

Ia menyebut, tambahan kasus positif harian masih dibawah 10 kasus. Walaupun demikian, ia meminta dukungan semua pihak untuk tetap menjalankan protokol kesehatan guna menekan kasus positif.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan