News

160 Ribu Lebih Warga Pekanbaru Masih Menanti Dosis 2 Vaksin Covid-19

SUARA PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terus menggesa percepatan vaksinasi dalam upaya penanganan Covid-19. Total hingga saat ini 835.278 orang telah mendapat suntikan vaksin dosis pertama di Kota Pekanbaru.

Namun dari jumlah itu, sebanyak 162.478 orang masih menanti suntikan dosis dua atau lengkap. Ratusan ribu orang ini masih menanti suntikan dosis lengkap dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru. Jumlah ini berdasarkan data yang dirilis Dinas Kesehatan Pekanbaru, 23 Februari 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, mereka yang belum mendapat dosis lengkap menjadi prioritas pemberian vaksin saat ini.

"Vaksin kedua kita bila dibandingkan dengan vaksin pertama itu selisihnya terlampau jauh. Itu selisihnya 20 persen," ujar Zaini Rizaldy Saragih, Kamis (24/2).

Menurutnya, percepatan bakal dilakukan untuk menuntaskan warga yang belum mendapatkan dosis lengkap. Pihaknya menggandeng seluruh fasilitas kesehatan untuk pemberian dosis lengkap.

Ada 21 Puskesmas dan rumah sakit pemerintah menjadi penyelenggara vaksinasi. Masyarakat yang belum mendapat dosis lengkap bisa melakukan vaksin ke Puskesmas terdekat.

Zaini menyebut, saat ini pihaknya juga menggesa pelacakan kontak erat pasien positif. Apalagi saat ini kasus alami lonjakan yang membuat para tenaga kesehatan harus bekerja ekstra dalam memberikan pelayanan.

"Kasus kan sekarang lagi tinggi. Kebanyakan terpapar dari klaster keluarga yang melakukan perjalanan dari luar kota," terangnya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk terus disiplin menjalankan protokol kesehatan. Dengan prokes diharapkan dapat membantu pemerintah dalam pengendalian Covid-19. Ia juga mendorong masyarakat yang belum suntik vaksin agar segera melakukan vaksinasi.

Sementara hingga saat ini capaian vaksinasi untuk warga lanjut usia (Lansia) sudah 33.917 orang. Untuk kelompok usia 18-59 sudah 644.295 orang. Lalu untuk kelompok remaja 103.808 orang. Kemudian untuk kelompok anak-anak sudah 53.528 orang.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan