News

Kadiskes Pekanbaru Klaim Gelombang Omicron di Ibu Kota Provinsi Riau Segera Berakhir

SUARA PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, memperkirakan gelombang sebaran wabah covid varian Omicron segera berakhir di Ibukota Provinsi Riau.

Kepala Diskes Pekanbaru dr. Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, gelombang Omicron yang dimulai di akhir Desember 2021 lalu telah melalui puncaknya pada pekan ke-7 tahun 2022 dan saat ini terus menurun.

"Untuk gelombang Omicron, itu diperkirakan dimulai 28 Desember (2021) hingga minggu pertama (2022). Kemudian di minggu ke-7 total kasus sudah 900 lebih. Perkiraan kami, tidak lama lagi ini akan menurun, karena saat ini sudah cenderung mulai menurun," ungkapnya, pada rapat evaluasi PPKM, Selasa (15/2).

Disampaikannya, sejauh ini jumlah warga yang terpapar Omicron masih rendah jika dibandingkan varian Delta. Saat puncak gelombang Delta terjadi, total kasus mencapai ribuan orang.

"Saat terjadinya gelombang Delta, itu kita dapatkan puncaknya pada minggu kelima (2021) dengan jumlah kasus tertinggi terbanyak 3.907," ucapnya.

Sementara itu, Wali kota Pekanbaru Dr. H. Firdaus,S.T, M.T menyatakan, meski gejala yang ditimbulkan covid varian Omicron tidak separah Delta, namun warga harus tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang ditetapkan pemerintah.

"Memang secara umum, varian Omicron ini tingkat penularannya lebih cepat. Namun daya rusaknya, itu lebih rendah dari varian Delta. Tapi bukan berati dengan demikian kita abai prokes," ujarnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan