News

Kasus DBD di Pekanbaru Meningkat

SUARA PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih mengingatkan warga untuk mewaspadai Demam Berdarah Dengue (DBD) selama musim pancaroba ini. Oleh karenanya, warga diimbau melakukan 3 M (menguras, menutup dan mengubur), untuk memberantas jentik nyamuk penyebab penyakit tersebut.

"Angka DBD memang cenderung meningkat, apalagi saat ini musim pancaroba. Kita imbau agar warga melakukan 3 M agar siklus hidup nyamuk penyebabnya dapat dihentikan," kata Zaini, Kamis (10/2).

Zaini menjelaskan, warga bisa mendapatkan obat pembasmi jentik nyamuk secara gratis di Puskesmas. Warga diharapkan memeperhatikan dan melakukan pembersihan dengan obat tersebut, apabila ada genangan dan jentik nyamuk di lingkungan sekitar rumah.

"Kita kan ada program satu kepala keluarga satu Jumantik. Dalam satu keluarga, minimal ada satu orang yang mengawasi lingkungan rumahnya. Apabila butuh obat pembasmi jentik, bisa ke Puskesmas dan gratis," jelasnya.

Zaini melanjutkan, 3 M merupakan langkah paling efektif membasmi jentik nyamuk dan penularan DBD. Apalagi jika dibandingkan dengan fogging.

"Fogging itu hanya bisa membunuh nyamuk dewasa. Nyamuk dewasa itu bisa mati hanya dalam 4 sampai satu minggu, yan paling efektif adalah membunuh jentiknya dengan 3 M," pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan