News

Kasus TBC di Pekanbaru Meningkat Selama 2021

SUARA PEKANBARU - Data Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, pada tahun 2020 capaian standar pelayanan minimal (SPM) Tuberkulosis atau orang terduga TBC sebanyak 7.646 atau sebesar 20,70 persen, dari target capaian sebanyak 36.938. Sedangkan pada tahun 2021 mengalami peningkatan, yakni 13.360 atau sebesar 36,83 persen, dari target 41.705 kasus.

Berdasarkan data yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr. Zaini Rizaldy, capaian kasus mengalami peningkatan dikarenakan adanya kegiatan investigasi kontak, skrining TB ditempat khusus seperti lembaga pemasyarakat (Lapas), perusahaan, panti dan berbagai tempat lainnya.

Dalam menekan penyakit TB, berbagai upaya dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, diantaranya menetapkan di setiap keluarga penderita TB, ada pemantau minum obat atau PMO.

"Kami menetapkan setiap keluarga yang mempunyai kasus atau pasien TB, dia harus ada orang yang ditunjuk untuk mengawasi atau mengingatkan untuk minum obat. Namanya itu PMO, pemantau minum obat. Jadi dialah nanti yang mengingatkan (pasien minum obat). Itu yang pertama," terang Zaini Rizaldi.

Selain adanya PMO, penderita TB harus disiplin dalam menjaga kesehatan, baik pribadi maupun lingkungan sekitar.

"Tidak boleh meludah sembarangan. Itu bisa menularkan ke orang lain. Pencahayaan di rumah, seperti harus ada sinar matahari. Kasus TBC ini masih tinggi. Ketika 1 orang yang terkena TBC, itu diperkirakan 20 orang disekitarnya bisa terkena. Itu lah bahayanya TBC ini," sebut Zaini.

Disampaikannya, mencegah penyakit lebih baik dari pada mengobati.

"Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Kalau mencegah, upaya promotif dan preventif. Kalau kuratif artinya pengobatan, kita obati kalau dia sudah kena. Ini tidak menyelesaikan masalah. Itu masalah di hilir, bukan di hulu, bukan penyebabnya," jelasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan