News

Kelola Limbah, Seluruh RS di Pekanbaru Diwajibkan Kerjasama dengan Pihak Ketiga

SUARA PEKANBARU - Semua rumah sakit atau layanan kesehatan yang beroperasi di Kota Pekanbaru diwajibkan bekerjasama dengan pihak ketiga yang mengantongi izin dalam mengelola limbah.

"Semua fasilitas kesehatan itu memproduksi limbah, ada limbah yang dihasilkannya. Ketika mereka menjalankan operasionalnya, kami dari Dinas Kesehatan itu mewajibkan limbahnya itu harus terkelola dengan baik," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Selasa (8/2).

"Kalau pun seandainya tidak bisa diolahnya sendiri, harus terkelola dengan baik. Makanya ketika semua fasilitas kesehatan mengusulkan perizinan, itu wajib bekerjasama dengan pihak yang mempunyai izin mengelola limbah," kata Zaini Rizaldi.

Untuk rumah sakit yang ada di Kota Pekanbaru disampaikan Zaini Rizaldi, sudah bekerjasama dengan pihak ketiga.

"Jadi rata-rata rumah sakit kita di Pekanbaru maupun puskesmas, itu kebanyakan dia bekerjasama dengan pihak ketiga yang mempunyai izin. Jadi dia tidak boleh membuang sampah di TPA atau sebagainya," terangnya.

Lanjutnya, pengangkutan limbah medis tidak boleh diserahkan kepada pengangkut sampah domestik.

"Atau menyerahkan kepada pengangkut sampah domestik, dia harus khusus. Limbah medis itu termasuk limbah B3. Jadi perlakuannya harus khusus.
Berbicara limbah B3 bukan hanya limbah medis, tapi juga bengkel oli, batray, aki bekas, itu limbah," sebutnya.

Mengelola limbah dengan proses pembakaran dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru ini, juga tidak diizinkan.

"Kemaren ada beberapa rumah sakit yang punya insinerator, terakhir ditutup, tidak boleh. Karena yang pertama mereka tidak punya izin, kemudian hasil pembakarannya bisa mencemarkan," jelasnya.

Untuk penindakan terhadap rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya bukan kewenangan pihaknya, melainkan kewenangan DLHK.

"Kalau kami fungsinya atau tupoksinya hanya pembinaan. Kalau penindakan itu adanya di DLHK, ada bidang penindakannya. Yang tidak mengerti kita luruskan," pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan