News

Pasien Omicron di Riau Kembali Bertambah

SUARA PEKANBARU - COVID-19 B.1.1.529 atau  varian Omicorn kembali terdeteksi di Riau. Virus ini ditemukan setelah Dinas Kesehatan daerah tersebut, mengirimkan 143 sampel kasus probabel Omicorn ke Laboratorium Kementerian Kesehatan di Jakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan (Diskes) Riau, Masrul Kasmy, pada Kamis (3/2/2022) menyebutkan, bahwa jumlah kasus pasien terkonfirmasi Omicorn di Riau saat ini bertambah 1 kasus.

“Ada sebanyak 143 sample kasus yang dikirimkan ke laboratorium Kemenkes semuanya probable Omicron. Dari 143 sample itu, satu sudah keluar hasilnya dan dinyatakan varian Omicron. Sisanya masih dalam kasus probable Omicron, yang hasilnya nanti ditentukan oleh Kemenkes,” kata Masrul, Kamis (3/2/2022).

Dijelaskan Masrul, pasien terkonfirmasi Omicron tersebut merupakan warga dari luar Provinsi Riau yang melakukan perjalanan ke Riau. Kendati demikian, keberadaan pasien itu sudah tidak berada di Riau.

“Jadi satu kasus Omicron itu warga luar Provinsi Riau, sekarang sudah tidak berada di Riau. Itu hasil pemeriksaan tanggal 31 Januari dan baru keluar diinformasi dari Labkes Kemenkes. Sejauh inikan penerbangan di Riau sudah mulai banyak, dan setiap penerbangan dilakukan rapid antigen atau swab PCR, dari hasil itulah banyak yang terkonfirmasi positif probable Omicron,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, bahwa sebelumnya juga telah terkonfirmasi 1 kasus Omicron di Riau. Pasiennya adalah warga Kota Pekanbaru yang terkonfirmasi positif ketika sedang melakukan perjalanan di Batam.

"Sedangkan warga Pekanbaru [tekonfirmasi positif] hasil pemeriksaan Batam, setelah dilakukan kembali pemeriksaan swab PCR, hasilnya sudah negatif. Begitu juga dengan keluarga pasien juga tidak ada terkonfirmasi positif," ucap Masrul.

Kasus probable varian Omicron yaitu kasus konfirmasi COVID-19 yang hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan positif S-Gene Target Failure (SGTF) atau uji deteksi Single Nucleotide Polymorphism (SNP) berbasis Polymerase Chain Reaction (PCR) mengarah ke varian Omicron.

Sedangkan, kasus konfirmasi varian Omicron adalah pasien positif COVID-19 dengan hasil pemeriksaan sekuensing positif Omicron SAR-COV-2.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan