News

Selama 2021, DPRD Pekanbaru Sahkan Tujuh Perda

SUARA PEKANBARU - Sejak awal tahun, DPRD Pekanbaru baru mengesahkan tujuh Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda). Seharusnya, tahun ini, legislatif itu menuntaskan 27 Ranperda. Tujuh Perda itu adalah Perda Inovasi Daerah dan Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Daerah, Perda Inisiatif Tentang Perlindungan Masyarakat dari Penyebaran dan Dampak Corona Virus Disease-19 (Covid-19). 

Perda Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak, Perda Perubahan Badan Hukum Perseroan Terbatas Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) Kota Pekanbaru menjadi Perseroan Daerah (Perseroda) BPR Pekanbaru Madani, Perda Pencegahan Pembatasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Serta Perda Retribusi Persampahan/Kebersihan dan Perda Ketertiban Umum (Tibum) dan Ketentraman Masyarakat.

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri menyebut, minimnya realisasi penyelesaian Ranperda tahun ini disebabkan adanya mekanisme yang berubah. Kata dia, setiap ranperda harus melalui tahapan harmonisasi dari tingkat pemerintah provinsi hingga ke pemerintah pusat.

"Ada suatu sistem administrasi yang berubah sehingga kita belum terbiasa dan anggota dewan juga belum memahami," kata Azwendi, Senin (20/12/2021).

Beberapa ranperda yang diusulkan oleh Pemko Pekanbaru juga belum sepenuhnya lengkap. Seperti belum dilengkapi dengan naskah akademis. Kondisi ini dinilai juga menjadi salah satu kendala dalam penyelesaian ranperda. "Ranperdanya sudah diserahkan ke DPRD, tapi naskahnya belum ada. Sehingga kami kembalikan untuk dilengkapi," ujarnya.

Ia berharap, para koleganya di DPRD Pekanbaru bisa segera melakukan penyesuaian terhadap mekanisme administrasi baru tersebut. "Saya berharap, kita bisa segera memperbaiki mana kekurangan kita untuk lebih baik ke depan," harapnya.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan