News

Paripurna Pandangan Umum Fraksi Terkait R-APBD 2022

SUARA PEKANBARU - Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi Tentang R-APBD 2022, di ruangan paripurna DPRD Pekanbaru, Rabu (24/11/2021) menyoroti persoalan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang rendah. Hal itu dibacakan salah satu juru bicara Fraksi Demokrat, Roem Diani Dewi, di ruangan paripurna DPRD Pekanbaru. Menurutnya, kontribusi PAD Kota Pekanbaru saat ini masih rendah, bahkan masih bergantung pada dana transfer dari pusat.

"Pemerintah kami lihat sudah serius. Namun belum optimal dalam menggali PAD," sebutnya.

Harusnya, dimasa-masa ujung Walikota dan wakil walikota, OPD bisa bekerja maksimal, serta harus serius bekerja menggali potensi PAD. Sementara, Juru bicara Fraksi PKS Rois, menyampaikan pandangan umum fraksinya, setelah menyimak pidato Sekko HM Jamil pada Rapat Paripurna sebelumnya, tentang R-APBD 2022 sebesar Rp 2,560 triliun.

"Menurut kami tidak mencerminkan dengan kondisi yang ada. Jadi, harus ditinjau ulang. Apalagi dengan adanya dampak Pandemi, membuat ekonomi belum stabil," katanya.

Sementara juru bicara Fraksi Gerindra Plus, Nurul Ikhsan, menyampaikan bahwa fraksinya meminta Pemerintah, mengalokasikan dana untuk membangkitkan UMKM akibat pandemi yang saat ini masih terjadi. "APBD Pekanbaru 2022 harus benar-benar untuk menyentuh masyarakat. Jangan perbanyak seremonial," sarannya.

Dan rangkuman beberapa fraksi lainnya seperti Fraksi PDI-P, Fraksi PAN, Fraksi Hanura NasDem, serta Fraksi Golkar masing-masing meminta jawaban dari Pemko, terkait pelaksanaan RPJMD. Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ir Nofrizal MM, di dampingi, Wakil Ketua lainnya, Ginda Burnama ST, Tengku Azwendi Fajri SE dan Hamdani SIP, serta para anggota dewan lainnya.

Dari Pemko Pekanbaru, hadir Walikota Pekanbaru, diwakili Asisten III Maskur, serta beberapa kepala OPD, dan unsur Forkopimda. Untuk diketahui, gambaran umum R-APBD tahun 2022, pendapatan ditargetkan Rp 2,560 triliun. Nilai ini terdiri dari PAD, dana transfer dan pendapatan daerah lainnya.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan