News

Kadiskes Riau Imbau Masyarakat Terpapar Covid-19 Jangan Paksakan Diri Isolasi di Rumah

SUARA PEKANBARU - Angka kematian pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Riau tinggi, dari dari 2,7 persen meningkat menjadi 2,9 persen.

"Memang untuk angka kematian pasien terkonfirmasi COVID-19 kita tinggi, dari 2,7 persen menjadi 2,9 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir, Rabu (25/8/2021).

Dengan tingginya angka kematian pasien COVID-19, lanjut Mimi Nazir, pihaknya akan terus berupaya untuk menekan angka kematian pasien COVID-19.

"Sekarang bagaimana kita bisa menurunkan angka kematian, dengan cara masyarakat yang terkonfirmasi COVID-19 bergejala sedang dan berat jangan menahan diri isolasi di rumah. Tapi langsung dibawa ke rumah sakit agar penanganannya bisa lebih cepat," terangnya.

Sedangkan yang bergejala ringan dan tanpa gejala, sebut Mimi, maka bisa isolasi mandiri di rumah jika kondisi rumahnya memungkinkan, atau bisa isolasi mandiri terpusat yang disiapkan pemerintah.

"Hal ini agar tidak terjadi penularan ke anggota keluarga lainnya. Namun ketika masyarakat yang bergejala ringan, tapi kondisinya terjadi penurunan agar cepat dibawa ke rumah sakit. Hanya saja kondisinya banyak masyarakat yang takut datang ke rumah sakit. Padahal itu untuk penanganan lebih cepat agar tidak terjadi penurunan kondisi kesehatannya," pesannya.

Lebih lanjut Mimi Nazir menyampaikan, dari evaluasi data setiap hati, memang pasien yang meninggal dunia itu 80 persen umurnya diatas 50 tahun.

"Artinya ini orang-orang usia lanjut yang memiliki komorbit. Sedangkan kabupaten/kota yang angka kematiannya tinggi itu berdasarkan data harian itu adalah Kabupaten Rokan Hulu 5,5 persen," ungkapnya.

Meski demikian, Mimi menyatakan angka kesembuhan pasien COVID-19 dalam belakangan ini tinggi, mencapai 90,4 persen.

"Sampai hari ini angka kesembuhan 90,4 persen. Kita bisa lihat saat terjadi lonjakan kasus beberapa waktu lalu angka kesembuhan kita turun diangka 80-83 persen, dan sekarang Alhamdulillah naik menjadi 90,4 persen," tukasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan