News

DLHK Pekanbaru Rancang Sistem Aplikasi Timbang Truk di TPA Muara Fajar

SUARA PEKANBARU - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru rancang sebuah sistem aplikasi timbang truk di TPA Muara Fajar.

Kepala Bidang Persampahan DLHK Kota Pekanbaru Hendra Afriadi mengatakan, era digitalisasi yang modern ini, informasi yang akurat serta realtime dibutuhkan untuk menunjang setiap kegiatan.

Lanjutnya, sesuai instruksi Walikota Pekanbaru, pihaknya membuat  terobosan dengan merancang aplikasi sistem informasi truk timbang secara online.

"Aplikasi ini terhubung langsung dengan operator timbang yang berada di TPA 1 Muara Fajar. Aplikasi ini dinilai meningkatkan efektifitas dan transparasi kegiatan timbang bagi DLHK," kata Hendra Afriadi, Kamis (17/6).

Tapi, aplikasi ini masih digunakan secara private oleh bidang pengelolaan sampah.  Ia mengatakan, alur kegiatan timbang sampah yaitu Operator Log in menggunakan Barcode masing-masing .

"Saat menjalankan aplikasi timbang, supir memberikan surat jalan dan kartu barcode,  operator scan kartu barcode lalu memilih nama supir sesuai yang SPJ, dan setelah selesai, aplikasi print kartu timbang yang telah otomatis memproses kalkulasi berat bersih sampah sesuai perhitungan secara online," jelasnya.

Ke depan, kata dia, aplikasi ini dapat membantu memberikan informasi yang terintegrasi dengan CCTV. Sehingga admin dapat memonitor kegiatan di TPA 1 Muara Fajar.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan