News

Pendataan Keluarga di Pekanbaru Terkendala Warga Susah Dijumpai

SUARA PEKANBARU - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Pekanbaru mengungkapkan, ada berbagai kendala yang dihadapi petugas pendata dalam Pendataan Keluarga tahun 2021 (PK21). Salah satu di antaranya warga yang susah dijumpai.

"Kadang-kadang, warga susah ditemui, tidak mau membuka pintu rumah," kata Kepala Dinas Dalduk KB Kota Pekanbaru Muhammad Amin, Kamis (3/6).

Untuk itu, Dinas Dalduk KB segera berkoordinasi dengan camat dan lurah sehingga warga bisa membantu petugas pendata di dalam melaksanakan tugasnya di lapangan.

"Kita berharap warga bisa membuka diri," ujarnya.

Disampaikan Amin, pendataan keluarga yang kini masih berlanjut merupakan kegiatan lima tahunan BKKBN dengan tujuan mendapatkan data keluarga di Indonesia sesuai amanat Undang-undang No 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

"Pendataan keluarga ini juga sangat penting untuk mengetahui jumlah kelurga yang mendiami Kota Pekanbaru. Yang jelas, data ini sangat dibutuhkan untuk multi sektor," ucapnya.

Bagi Dinas Dalduk KB sendiri, sebut Amin, data PK21 akan menjadi acuan dalam mewujudkan keluarga berencana. Karena melalui data PK21, bisa diketahui kondisi terkini keluarga. Jika di keluarga bersangkutan terdapat kasus gizi buruk, maka bisa dilakukan penanganan dengan cepat.

"Kemudian apakah keluarga tersebut memiliki balita untuk masuk dalam program bina balita melalui program ketananan keluarga. Juga apakah ada lansia (lanjut usia), nanti bisa masuk dalam program pembinaan lansia," paparnya.

"Jadi itu (data PK21) bisa menjadi ukuran-ukuran yang bisa kita dapatkan setelah selesai pendataan," ulas Amin yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru ini.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan