News

Dinkes Pekanbaru Butuh 5.000 Kantong Donor Plasma Darah Penyintas Covid-19

SUARA PEKANBARU - Dinas Kesehatan membutuhkan 5.000 plasma darah darah dari pasien penyintas Covid-19. Darah yang didonorkan para mantan pasien Corona ini guna membantu orang-orang yang masih berjuang untuk sembuh dari infeksi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru M. Noer yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) usai pelaksanaan donor di Hotel Furaya, Senin (22/3), mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya, mulai dari pencegahan, penanganan Covid-19, hingga terapi konvalesen. Donor plasma konvalesen adalah sesuatu yang dibutuhkan untuk pasien Covid-19.

"Kami menargetkan 3.000 kantong darah plasma konvalesen dari rencana 5.000 kantong," ungkapnya.

Untuk diketahui, terapi plasma konvalesen memanfaatkan plasma darah dari penyintas Covid-19. Karena, penyintas Covid-19 telah membentuk antibodi terhadap virus tersebut. Antibodi ini yang kemudian akan didonorkan kepada pasien yang masih berjuang untuk sembuh dari infeksi Covid-19.

"Kami mengajak saudara-saudara yang pernah positif Covid-19 untuk bisa mendonorkan plasma konvalesennya. Mari donorkan darah sebelum melakukan vaksinasi Covid-19 atau lakukan donor darah setelah 2 minggu dari vaksinasi tahap kedua," jelas M. Noer.

Kegiatan Riau Mendonor ini guna mendukung persediaan darah bagi masyarakat di bulan puasa pada masa pandemi Corona. Program ini juga mendukung Program Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen.

"Terima kasih kepada semua jajaran yang telah memberikan sumbangsih untuk donor darah. Mudah-mudahan kegiatan yang kami lakukan ini menjadi ibadah. Semua kita sehat. Yang memberi sehat dan yang menerima sehat," ucap M. Noer.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan