News

Hindari Pemalsuan Buku KIR, Ini Inovasi UPT PKB Dishub Pekanbaru

SUARA PEKANBARU - Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor (UPT-PKB) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, telah mengganti sebanyak 11.189 buku KIR ke Bukti Lulus Uji Elektronik (Blu-E) smart card.

Pergantian buku KIR ke Blue smart card bertujuan untuk menghindari pemalsuan buku KIR dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Dari 20 Juli 2020 kemarin hingga saat ini kita sudah ganti 11.189 buku KIR menjadi Blue. Sesuai dengan edaran Kementerian Perhubungan, buku KIR beralih ke smart card," kata Kepala UPT PKB Dishub Pekanbaru Muhammad Nasri, Jumat (20/11/2020).

Nasri memastikan, dengan pergantian buku KIR menjadi smart card Blue akan semakin memaksimalkan layanan uji kelayakan kendaraan kepada masyarakat.

Selain dapat menghindari pemalsuan buku KIR, dengan Blue juga dapat menghilangkan praktik percaloan di lapangan. Nasri juga menyebut BLUe dapat menghindari potensi kebocoran PAD dari retribusi PKB. Pasalnya, pada BLUe tersistem dan terkoneksi dengan pusat.

"Karena smart card ini terintegrasi dengan Kementerian Perhubungan. Saat uji kelayakan di sini data-data dan foto kendaraan langsung dikirim ke pusat," terangnya.

Besaran retribusi PKB juga mengalami perubahan pada Blue ini. Besaran tarif disesuaikan dengan volume atau bobot kendaraan.

Ia mengungkapkan, pergantian buku KIR ke Blue sendiri ini pada kendaraan angkutan di Kota Pekanbaru, ditargetkan dapat tuntas pada awal tahun 2021 mendatang. Pihaknya terus menggesa pergantian buku KIR guna menghindari pemalsuan buku dan dalam menggenjot PAD dari sektor retribusi PKB.

"Jadi tidak ada lagi buku KIR, semua pakai smart card. Kita targetkan pada Januari 2020 semua kendaraan angkutan sudah pakai Blue," pungkasnya.

Ia juga mengimbau, jika ada pihak yang merasa dirugikan oleh oknum yang melakukan pemalsuan pada buku KIR agar dapat melaporkan nya ke pihak kepolisian. Namun, ia memastikan melalui smart card Blue ini ha-hal tersebut dapat dihindari.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan