Infoterial

BPP Pekanbaru Sebut Pasar Segar 99 Pekanbaru Solusi Layanan Belanja Dari Rumah

SUARA PEKANBARU - Merebaknya virus corona atau Covid-19 memengaruhi terhadap berbagai sektor termasuk ekonomi tidak terkecuali di Kota Pekanbaru saat ini.

Omset pedagangpun turun seiring dengan imbauan pemerintah daerah yang meminta masyarakat untuk bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). 

Melihat situasi tersebut, Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Pekanbaru terus melakukan pendataan terhadap inovasi yang diciptakan masyarakat.

Baik terkait usaha ataupun jasa yang dinilai dapat menggerakkan roda perekonomian yang dapat membantu masyarakat  disaat berada dalam situasi menjaga jarak fisik atau disebut physical distancing.

"Kita proaktif melakukan pendataan, dan menerima informasi dari masyarakat terkait usaha dan jasa yang muncul di masa pandemic ini. Apresiasi kita sampaikan kepada masyarakat yang selalu berinovasi menciptakan peluang tak hanya bagi dirinya namun juga masyarakat luas," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Pekanbaru, Masykur Tarmizi SSTP MSi, Rabu (29/04/2020).

BPP Pekanbaru kata Masykur, dengan senang hati ikut mempromosikan usaha atau jasa tersebut kepada masyarakat Pekanbaru melalui media yang dimiliki. BPP baru saja mendata usaha jasa pesan-antar, yakni Pasar Segar 99 online.

"Pasar Segar 99 online ini menyediakan jasa belanja ke berbagai pasar di Pekanbaru dan melakukan pengantaran ke alamat pemesan dengan menjaga kehigienisan dan tetap mengacu pada protokol kesehatan," jelas Kepala BPP.

Masykur menjelaskan, pasar segar 99 online itu diprakarsai seorang anak muda inovatif Pekanbaru yang juga seorang pengusaha di bidang Event Organizer bernama Lucky.

Beliau berinisiatif menyediakan jasa pesan-antar berbagai kebutuhan barang harian bagi masyarakat Pekanbaru.

Lucky, saat diminta tanggapannya terkait pasar segar 99 online, mengatakan, ide itu muncul akibat pandemic dan adanya pembatasan sosial ke masyarakat.

"Ide Pasar segar 99 online ini muncul karena saya melihat peluang dengan adanya pembatasan kegiatan di luar ruang, di samping itu, sudah menjadi rutinitas di akhir pekan berbelanja di pasar menemani orang tua, sehingga sudah memliki langganan. Dengan berbekal langganan itu ide mudah terealisasi, " ucapnya.

Dia, menambahkan usaha jasa itu masih sangat belia, dan baru dilaunching pada 3 April 2020 lalu, namun sudah banyak memiliki pelanggan.

"Pasar Segar 99 online ini baru launching sekitar 3 minggu. Mulai beroperasi tanggal 3 April 2020 lalu. Namun, animo masyarakat pun sangat baik. Kami telah memiliki pelanggan tetap setiap hari yang memakai jasa pesan-antar Pasar Segar 99," jelas Lucky.

Saat ini, Pasar Segar 99 online melakukan pembelian di beberapa pasar yang ada di Pekanbaru. Nantinya juga akan melayani seluruh pasar yang ada.

"Setiap hari kami bekerja melayani permintaan konsumen. Pengambilan barang dilakukan di Pasar Dupa, Pasar Kodim, Pasar Bawah. Jika Ada permintaan khusus untuk buah segar, kami melayani belanja di pasar buah," jelasnya.

Untuk konsumen, tidak perlu khawatir dengan pelayanan dari Pasar Segar 99 karena manajemen tetap mengutamakan protokol kesehatan dalam berbelanja hingga pengantaran kepada konsumen. 

Selain itu, Pasar Segar 99 online wajib dicoba karena memiliki diferensiasi dari pelaku usaha serupa.

"Untuk pelanggan setia dan calon pelanggan kami, jangan khawatir, kami menerapkan protokol kesehatan seperti selalu memakai masker dan sarung tangan. Selain itu, konsumen mudah dalam melakukan pemesanan (pesan-bayar-antar), dan cukup tunggu #dirumahsaja, Efisien waktu dalam berbelanja, Higienitas barang (tidak perlu kontak dengan pasar basah) apalagi berdesak-desakan, barang pesanan terjaga kualitasnya karena dipilih oleh admin, serta yang terpenting harganya kompetitif," imbuhnya.

Bicara tarif pengantaran, disesuaikan dengan lokasi pengantaran, yang dimulai dari titik pasar tempat pengambilan barang.

Disinggung mengenai visi jangka panjang owner di usaha jasa Pasar Segar 99, Lucky menyampaikan harapan agar usahanya semakin berkembang dan membantu lebih banyak orang.

"Kedepannya, saya berharap Pasar Segar 99 bisa menjadi usaha rintisan (start-up) berbasis aplikasi, kita bisa menjadi wadah tenant-tenant untuk menggelar dagangan mereka. Karena sekarang kita masih memanfaatkan media Whatsapp untuk pemesanan," tutupnya.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan