News

Wako Pekanbaru Jadi Delegasi Asean Waste Mission

SUARA PEKANBARU - Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT disebut sedang berada di Kanada saat ini. Keberadaan orang nomor satu di Pekanbaru ini dalam rangka mendapatkan informasi dalam hal pengelolaan sampah menjadi energi listrik.

Hal tersebut dibenarkan Kabag Humas Setdako Pekanbaru, Mas Irba Sulaiman kepada wartawan. Dijelaskannya, Walikota Pekanbaru menjadi satu delegasi Asean Waste Mission to Canada yang mana Kementrian ESDM RI yang mengajaknya. 

"Wako sudah berangkat kemarin, sebelum rapat karhutla. Beliau memenuhi undangan yang diberikan Kemen ESDM dan sudah disetujui Sesneg. Artinya beliau berangkat resmi atas tugas negara," jelas Irba, Ahad (15/9/2019). 

Dalam informasi yang diperoleh, kegiatan tersebut berlangsung 5 hari hingga 20 September mendatang. Irba menjelaskan, dalam surat yang diterima Pemko Pekanbaru, ajang ini adalah hasil kolaborasi antara Kedutaan Besar Kanada dengan beberapa negara ASEAN yakni Malaysia, Filipina, Singapura, Vietnam dan Indonesia. Ada rangkaian kegiatan dalam kunjungan lapangan, seminar hingga pertemuan business to business.

"Jadi nanti bisa saja sampah yang dihasilkan masyarakt Pekanbaru ini diolah menjadi energi listrik atau lainnya. Mungkin karena Pekanbaru memiliki potensi itu, Walikota diajak serta oleh Kementrian," ujarnya lagi. 

Agenda berlangsung di sejumlah kota yakni Toronto, Montreal dan Vancouver. Ada 29 perusahaan di Kanada yang berpartisipasi dalam ajang ini. Selain itu, agenda inovasi teknologi di bidang waste to energy juga akan berlangsung.

Delegasi akan melihat langsung proses pengolahan sampah menjadi energi. Irba menjelaskan, keberangkatan Firdaus sudah mendapat persetujuan dari Kementerian Sekretariat Negara RI.

Surat Kementerian Sekretariat Negara RI tertanggal 12 September 2019 lalu. Surat itu menyatakan bahwa pemerintah menyetujui perjalanan dinas luar negeri Walikota dua periode itu.

"Jadi kunjungan ini menindaklanjuti hasil rapat kordinasi terkait perkembangan pembangunan pengolahan sampah menjadi energi listrik," tambahnya.

Sementra terkait soal kabut asap di Pekanbaru belakangan ini, Irba menyebutkan Wako sudah menginstruksikan berbagai upaya penanggulangan. Mulai dari me-stanby kan Puskesmas, hingga meliburkan aktifitas sekolah jika kondisi asap atau partikel debunya meningkat. 

"Tadi sudah rapat sesuai instruksi Walikota yang tetap memantau. Dan karena kondisi asap masih tidak sehat, maka sekolah seluruh tingkat pendidikan di Pekanbaru diliburkan hingga Selasa (17/9/2019)," tegasnya.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan