News

Pj Gubri SF Hariyanto Dijadwalkan Lepas Langsung Keberangkatan CJH Riau di Batam

 

SUARA PEKANBARU - Penjabat (PJ) Gubernur Riau (Gubri), SF Hariyanto, dijadwalkan melepas calon jemaah haji (CJH) asal Riau tahun 2024 di Batam. Hal tersebut ia katakan, saat  acara halalbihalal bersama Perkumpulan Keluarga Serumpun Tapanuli Selatan - Riau dan jamiyah Batak muslim Riau, Minggu (12/05).

“Insyaallah saya besok akan melepaskan para calon jemaah haji asal Riau di Batam,” ucapnya.

Dikatakan, acara pelepasan itu menandai langkah awal bagi CJH Riau untuk memulai perjalanan spiritual mereka. Ia menambahkan, pada tahun ini para jemaah dikumpulkan ke Batam agar dapat mempermudah keberangkatan ke Tanah Suci. Sehingga jemaah yang berasal dari daerah-daerah di Riau tidak lagi berkumpul di Pekanbaru untuk menginap di Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau.

“Kalau dulu semua jemaah calon jemaah haji Riau kumpul dulu ke embarkasi haji antara di Kota Pekanbaru. Jika ada pesawat yang delay  mereka [CJH] lama menunggu,” katanya

“Dulu dari Meranti ke sini, Dumai ke Sini, Rohil ke sini [Pekanbaru]. Pada hal jarak dari daerah asal mereka [CJH] jika langsung ke Batam bisa lebih dekat. Makanya supaya bisa lebih cepat jemaah calon jemaah haji ini langsung dikumpulkan di Batam saja. kasihan melihat orang-orang tua yang berangkat,” lanjutnya.

Dijelaskan, proses persiapan pelepasan jemaah CJH Riau tahun ini telah dilakukan dengan cermat dan teliti oleh berbagai pemangku kepentingan. Semua persyaratan dan persiapan teknis telah dipenuhi pemerintah untuk memastikan kelancaran dan keselamatan selama perjalanan serta selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

Oleh karena itu, adanya peraturan keberangkatan langsung tanpa berkumpul di Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau adalah suatu langkah sebagai mempermudah perjalanan jemaah.

“Alhamdulillah, saya bikin kebijakan kemarin dan disetujui oleh Kanwil Kemenag Riau untuk mengubah keberangkatan ini. Tujuannya tentu saja agar mereka ini langsung biar mudah pulang perginya. Karena kalau singgah lagi ke Pekanbaru mereka ini saya yakin sudah rindu sekali dengan kampung halaman dan sanak saudaranya,” jelasnya.

Lebih lanjut, diungkapkan dengan doa dari sanak saudara, ia berharap para CJH dapat siap memulai perjalanan mereka menuju Tanah Suci. SF Hariyanto, juga berpesan tetap jaga kesehatan agar bisa menjalankan ibadah dengan penuh kesungguhan dan ketaqwaan, serta membawa pulang berkah bagi keluarga dan masyarakat Riau.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Riau dan pribadi saya mengucapkan selamat melaksanakan ibadah haji. Tetap jaga selalu kesehatannya, semoga semua dilancarkan Allah SWT, kami juga berdoa pergi selamat tentu pulang juga selamat serta memperoleh haji mabrur,” pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan