News

Damkar Pekanbaru Imbau Masyarakat Lakukan Langkah Pencegahan Ular Masuk Rumah

 

SUARA PEKANBARU - Hewan melata seperti ular sering meneror warga ketika hujan mengguyur Kota Pekanbaru. Oleh karenanya, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru, Burhan Gurning mengimbau warga waspada dan lakukan langkah pencegahan.

Ia menjelaskan, ular akan keluar dari sarangnya karena terendam hujan dan mencari tempat yang lembab.

Ia mengatakan, beberapa waktu belakangan, DPKP cukup sering mengevakuasi kemunculan ular di pemukiman warga. Dalam beberapa hari belakangan, terdapat dua ekor ular yang sudah dievakuasi.

"Kita mengimbau kepada warga agar waspada karena di musim penghujan seperti ini, ular sering mencoba masuk kedalam rumah," ujarnya,

Oleh karenanya, ia meminta agar warga melakukan langkah pencegahan agar ular tidak masuk ke dalam rumah. Berikut ini adalah sejumlah faktor yang membuat ular masuk ke rumah dan sebaiknya dihindari, pertama adanya tumpukan barang yang merupakan salah satu tempat favorit ular, karena ular senang dengan kondisi gelap dan lembap terlebih di sudut-sudut ruangan. Maka dari itu hindari menumpuk barang-barang seperti dihalaman belakang rumah atau sudut rumah.

Kedua jarang membersihkan rumah sehingga menjadi tempat yang cocok bagi sarang ular. Ular sensitif dengan aroma menyengat, membersihkan rumah dan memberikan aroma wangi akan mencegah ular masuk.

Ketiga ada sumber makanan seperti tikus. Jika ular mendeteksi keberadaan mangsanya, tentu dia akan mencoba berburu makanan di lokasi tersebut. Maka dari itu, pastikan rumah bersih dan tikus pun tidak bersarang didalam rumah.

Keempat, ada akses dari habitat ular ke rumah
Salah satu alasan ular masuk ke rumah adalah tersedianya akses masuk dari habitat ular ke rumah. Akses tersebut bisa melalui saluran air atau celah-celah yang ada di rumah.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan