News

Prakiraan Cuaca Riau Senin Pertama Bulan Februari

 

SUARA PEKANBARU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Riau, Minggu (5/2). Disampaikan, hujan masih akan mengguyur sebagian wilayah setempat di awal pekan ini, Senin (5/2/2025).

"Pada pagi hari diprediksi berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang di wilayah seperti Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru, dan sebagian Kota Dumai," kata Forecaster on duty BMKG Pekanbaru, Gita DS.

Sementara itu, kata dia, pada siang hingga sore hari diperkirakan cerah berawan hingga berawan, dengan kemungkinan hujan ringan hingga sedang di beberapa daerah.

Daerah yang dapat terpengaruh mencakup Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Pelalawan. Lalu, Kabupaten Kampar, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Rokan Hulu, dan Kota Pekanbaru.

"Malam hari akan menjadi berawan dengan udara kabur, dan ada peluang hujan ringan hingga sedang di sebagian Kabupaten Kuantan Singingi dan Kabupaten Kampar," ujarnya.

Sementara, pada dini hari diprediksi berawan dengan udara kabur. Ini menjadi informasi penting bagi mereka yang memiliki kegiatan dini hari, memberikan gambaran tentang kondisi cuaca tersebut.

Dijelaskan Gita, peringatan dini diberikan terkait potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah, termasuk Kabupaten Pelalawan dan Kota Pekanbaru pada siang, sore, dan malam hari.

Lebih lanjut Gita menyampaikan, informasi tambahan mencakup rentang suhu udara antara 23.0 hingga 32.0 °C, kelembapan udara berkisar 60 hingga 95%, dan angin bertiup dari arah utara ke timur laut dengan kecepatan 10 hingga 30 km/jam.

"Prakiraan gelombang laut menyebutkan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 hingga 1.25 meter (rendah). Ini memberikan konteks lebih lanjut mengenai kondisi meteorologis di wilayah tersebut," ucapnya.

Terakhir, update titik panas (hotspot) pukul 23.00 WIB menunjukkan total 2 titik panas di wilayah Sumatera, dengan rincian 1 di Sumatera Barat, 1 di Sumatera Selatan, dan tidak ada di Provinsi Riau.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan