News

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun Hampir 3 Ribu Orang di Pekanbaru Terjangkit HIV/AIDS

 

SUARA PEKANBARU - Penderita HIV/AIDS mencapai 2.900 orang di Pekanbaru. Kelompok tertinggi menderita HIV/AIDS adalah ibu rumah tangga.

"Kami terus memantau penderita HIV/AIDS. Ternyata, jumlah penderita mengalami peningkatan setiap bulan," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy, Rabu (27/12).

Sejak tahun 2020 hingga sekarang, jumlah penderita HIV/AIDS sekitar 2.900 orang. Penanggulangan HIV/AIDS tak bisa sepenuhnya diserahkan kepada pemerintah.

"Tapi, kami harus melibatkan seluruh sektor. Dari data yang diperoleh, ibu rumah tangga paling banyak terpapar HIV/AIDS," ujar Dokter Bob, sapaan akrabnya.

Dinkes sudah mengajak kelurahan menggunakan dana kelurahan untuk program penanggulangan HIV/AIDS. Kemarin, Dinkes Pekanbaru telah difasilitasi oleh Asosiasi Kepala Dinas Kesehatan se-Indonesia.

"Mereka mengajak Dinkes Pekanbaru agar meminta dukungan ke seluruh lurah. Anggaran Dinkes masih kurang karena keterbatasan APBD," ungkap Dokter Bob.

Apalagi, program kesehatan yang dijalankan cukup banyak. Selain mengatasi penyakit yang sudah ada, Dinkes juga mengantisipasi penyakit baru yang timbul.

"Ditambah lagi, kami harus memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat," ucap Dokter Bob.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan