News

Nataru, Disperindag Pekanbaru Klaim Awasi Peredaran Produk Kadaluwarsa

 

SUARA PEKANBARU - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, memantau peredaran produk makanan kadaluwarsa dan tiruan atau palsu pada momen natal dan tahun baru 2024 (Nataru). Masyarakat diimbau untuk lebih selektif saat membeli produk makanan olahan.

Apalagi sebelumnya ditemukan ratusan kaleng makanan siap saji yang kedaluwarsa dan palsu. Disperindag mengingatkan warga kota untuk mewaspadai produk makanan olahan tanpa izin edar (TIE).

Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin mengatakan, belum lama ini pihaknya bersama Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menemukan produk luar negeri yang dipalsukan serta diperjualbelikan di Kota Pekanbaru.

"Dimana, terdapat 53 sarana peredaran pangan yang diawasi, dan ada yang tidak memenuhi ketentuan berlaku," kata Ami, sapaan akrabnya, Selasa (26/12).

Dari hasil pengawasan yang dilakukan bersama itu terdapat sebanyak 40 sarana memenuhi ketentuan artinya tidak ada ditemukan produk pangan rusak atau pangan kedaluwarsa, sementara ada sebanyak 13 sarana distribusi yang tidak memenuhi ketentuan yang ditemukan disejumlah swalayan di kota Pekanbaru.

Dari hasil itu juga, pihaknya bersama BPOM Pekanbaru mendapati 115 item produk pangan tanpa izin edar dan 139 produk pangan kedaluwarsa atau produk pangan diduga palsu.

"Produk yang dinyatakan kedaluwarsa atau palsu itu terdiri dari produk kalengan, botol, dan bungkus kotak," terangnya.

Ami mengaku pihaknya akan melakukan pengawasan yang lebih ketat lagi terhadap gudang-gudang pangan, khususnya jelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 agar dapat memastikan serta menjamin perlindungan konsumen dan tata niaga di Pekanbaru.

"Kami bersama BPOM dan dinas pemerintah provinsi akan melakukan pengawasan terhadap gudang-gudang yang kita temukan ini. Mungkin lebih banyak atau masih ada produk palsu dan kedaluwarsa di gudang-gudang lain. Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat agar lebih selektif lagi dalam membeli produk makanan olahan dengan mengecek keaslian produk serta tanggal kedaluwarsanya," pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan