News

Anggaran Perbaikan SDN 83 Pekanbaru Masih Dihitung

 

SUARA PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, kini masih menghitung kebutuhan anggaran untuk membangun ulang dan memperbaiki ruang belajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 83 yang terbakar baru-baru ini.
"Saat ini konsultan sedang diturunkan (ke SDN 83). Sudah beberapa hari ini dilakukan penghitungan," ungkap Kepala Disdik Kota Pekanbaru Dr. H. Abdul Jamal, M.Pd, Senin (23/10).

Namun berdasarkan perkiraan awal, kata dia, dibutuhkan anggaran sekitar Rp1,5 miliar untuk perbaikan 6 ruang belajar yang terdampak dan membangun ulang satu gedung yang terbakar.

"Kalau perkiraan kita, untuk enam kelas yang diperbaiki itu sekitar Rp500 juta, kemudian yang dirobohkan itu sekitar Rp1 miliar. Karena itukan dua lantai jadi harus gali dari bawah," ucapnya.

"Itu yang dibangun ulang akan ada 4 kelas, ada aula juga. Jadi 2 (kelas di lantai) bawah, 2 (di lantai) atas," ulasnya.

Setelah didapatkan angka pasti, lanjut Jamal, pihaknya akan segera menyampaikan ke Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, S.STP M.AP.

"Kalau pembangunannya itu pakai BTT, bisalah kita bangun secepatnya. Insyaallah tahun ini. Tapi kalau pakai APBD murni (2024), ya mungkin bulan dua (Februari) kita bangun, terutama yang 6 kelas itu dulu," tutupnya.

Sebelumnya, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun meminta Dinas Pendidikan setempaSetelah didapatkan angka pasti, lanjut Jamal, pihaknya akan segera menyampaikan ke Pj Walikota Pekanbaru Muflihun.

"Kalau pembangunannya itu pakai BTT, bisalah kita bangun secepatnya. Insyaallah tahun ini. Tapi kalau pakai APBD murni (2024), ya mungkin bulan dua (Februari) kita bangun, terutama yang 6 kelas itu dulu," tutupnya.

Sebelumnya, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun S.STP M.AP, memerintahkan ke Dinas Pendidikan setempat menghitung kebutuhan anggaran perbaikan gedung SDN 83 yang terletak di Jalan Pontianak, Kecamatan Tenayan Raya tersebut.

"Kita sudah minta dinas terkait untuk menghitung berapa anggaran untuk perbaikan," ucapnya.

Nantinya, terang Muflihun, biaya perbaikan gedung SDN 83 bisa manggunakan Belanja Tidak Terduga (BTT).

“Karena ini urgent, karena masalah pendidikan, kita akan coba gunakan BTT," ujarnya. Seperti diketahui, gedung SDN 83 di Jalan Pontianak, Kecamatan Tenayan Raya, mengalami kebakaran hebat pada Selasa (17/10) malam. Dugaan awal, kebakaran dipicu akibat korsleting atau arus pendek listrik.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan