News

Pemko Pekanbaru Rasionalisasi Anggaran Perjalanan Dinas Semua OPD

 

SUARA PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, di APBD Perubahan 2023 melakukan rasionalisasi terhadap anggaran perjalanan dinas di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Bahkan ada yang 100 persen (dirasionalisasi). Ada juga (anggaran perjalanan dinasnya) yang tingal sekali dua kali, itu habis," ungkap Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution ST M.Si, Senin (2/10).

Dengan dirasionalisasi, kata dia, nantinya bagi pejabat yang ingin melakukan dinas keluar kota mesti mengajukan telaah staf terlebih dahulu ke Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, S.STP M.AP.

“Kalau itu dianggap penting dan mendukung tugas pokok, itu akan kita dukung dari sekretariat daerah," ujarnya.

Disampaikan Indra, rasionaliasi anggaran perjalan dinas OPD itu bertujuan untuk menyehatkan APBD. Di samping itu pemakaian anggaran juga bisa lebih maksimal dalam melaksanaan program prioritas.

"Jadi kita prioritaskan program prioritas dulu, baru nanti setelah itu kita melakukan perjalanan dinas," tutupnya.

Seperti diketahui, tahun ini ada sejumlah program proritas yang dijalankan Pj Walikota Pekanbaru Muflihun. Di antaranya santunan kematian, beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan keluarga tidak mampu, dan subsidi bunga pinjaman bank bagi pelaku UMKM.

Kemudian ada juga Kunjungan Rumah Masyarakat Hidup Sehat (Kurma Manis), bantuan makanan bagi warga tidak mampu, anak terlantar, dan penyandang disabilitas. Terbaru, Pemko Pekanbaru menjalankan program Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah (JKPB).

Dalam program ini, warga bisa menikmati layanan kesehatan secara gratis hanya dengan menunjukan KTP saat berobat ke puskesmas dan rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan