News

Ngeri! 1.100 Ton Sampah Masuk ke TPA Muara Fajar Setiap Hari

 

SUARA PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) terus memaksimalkan pengelolaan sampah. Evaluasi dilakukan setiap hari guna mendapatkan hasil maksimal dan tidak ada tumpukan sampah di TPS.

Kepala DLHK Kota Pekanbaru Hendra Afriadi mengatakan, jumlah sampah yang ditampung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) mencapai ribuan ton dalam sehari. Operator angkutan mengangkut sampah ini dari TPS ke TPA 2 Muara Fajar.

"Volume sampah bertambah karena angkutan mandiri langsung buang ke TPA. Hampir 1.100 ton per hari, sebelumnya hanya sekitar 1.000 ton sehari," ujar Hendra Afriadi, Sabtu (30/9).

Menurutnya, saat ini pengelolaan sampah di TPA juga dimaksimalkan. Apalagi ada dua alat berat excavator yang dipinjamkan Pemerintah Provinsi Riau untuk mempercepat proses bongkar dan penataan tumpukan sampah di TPA 2 Muara Fajar.

"Sehingga area bongkar dan area pembentukan kontroler itu bisa dipercepat. Artinya kalau terbatas alat berat tentu pembongkaran terlambat, kalau pembongkaran terlambat membuat proses angkut terlambat yang menyebabkan sampah menumpuk," terangnya.

Selain itu, pihaknya juga mendorong operator pengangkutan sampah bisa memaksimalkan sampah yang diangkut dari TPS ke TPA. Hal ini guna tidak ada lagi sampah yang menumpuk di TPS.

Operator saat ini juga telah menambah ritasi pengangkutan sampah. DLHK Pekanbaru juga membantu menurunkan armada untuk mempercepat proses angkut sampah.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan