News

39,9 Hektare Lahan di Pekanbaru Terbakar Sejak Awal Tahun 2023

 

SUARA PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru sudah menangani pemadaman lahan terbakar seluas 39,9 hektar. Lahan ini terbakar dari Januari hingga September 2023.

"Total ada 71 kejadian kebakaran lahan yang sudah kita tangani bersama pihak terkait," jelas Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra.

Dirinya menyebut bahwa kebakaran lahan paling banyak terjadi di Kecamatan Bina Widya. Ada sebelas kejadian kebakaran lahan yang membuat 6,3 hektar lahan terbakar.

Tim BPBD Kota Pekanbaru langsung berupaya melakukan pemadaman terhadap lahan yang terbakar bersama instansi terkait. Proses pemadaman dibantu para personel TNI, Polri dan Manggala Agni.

Apalagi sudah ada Masyarakat Peduli Api Bertuah di wilayah rawan kebakaran lahan. Ia menyebut para relawan ini juga membantu upaya deteksi dini terhadap kebakaran lahan.

"Ini langkah antisipasi kita terhadap potensi rawan kebakaran lahan, agar tidak meluas," paparnya.

Tim BPBD Kota Pekanbaru bersama aparat gabungan TNI dan Polri juga melakukan patroli untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan. Mereka memantau titik rawan kebakaran lahan

Masyarakat yang hendak membakar lahan langsung mendapat peringatan dari tim yang patroli. Pengawasan di titik rawan kebakaran lahan ini tidak hanya patroli tapi juga memberi peringatan kepada masyarakat.

Mereka mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan. "Kita ingatkan masyarakat agar tidak membakar saat hendak membuka lahan," imbaunya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan