News

Pembangunan Pasar Induk Pekanbaru Ditargetkan Selesai Tahun Ini

 

SUARA PEKANBARU - Pembangunan Pasar Induk di Jalan Sukarno Hatta terus di gesa. Nantinya pasar tersebut menjadi salah satu pusat perdagangan di Kota Pekanbaru.

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) terus mendorong pengembang menyelesaikan pembangunan.

Pembangunan Pasar Induk sudah hampir rampung, dimana bangunan kios yang ada di kawasan tersebut sudah berdiri. Bahkan dinding pembatas yang sebelumnya jebol juga sudah diperbaiki oleh para pekerja.

Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin mengatakan, saat ini proses pembangunan Pasar Induk masih belum rampung sepenuhnya. Dimana pembangunan telah dilakukan Pemko Pekanbaru dan pihak PT. Agung Rafa Bonai (ARB) sebagai penyewa lahan usai melakukan penandatanganan kontrak kerjasama pada Oktober 2016 lalu.

"Pengelolaannya diberikan kepada PT ARB selama 30 tahun. Nantinya Pasar Induk tersebut akan menjadi pusat grosir kebutuhan pangan di Pekanbaru," terangnya, Selasa (26/9/2023).

Pihaknya sudah melakukan peninjauan dilokasi. Didapatkan progres Pasar Induk tersebut sudah berjalan 80 persen. Namun untuk pembangunan jalan lingkungan di dalam pasar belum selesai dilakukan.

"Kami sudah melakukan pengecekan ke lokasi kemarin, diharapkan tahun ini bisa selesai," ungkapnya.

Keberadaan Pasar Induk itu nantinya tidak hanya menampung para toke-toke, namun juga untuk menampung pedagang di pasar-pasar tumpah yang ada di Kota Pekanbaru.

"Itulah makanya kami gesa terus pembangunannya. Jadi para pedagang di Jalan Ahmad Yani itu bisa masuk juga ke Pasar Induk ini. Agar tidak menggangu arus lalulintas lagi. Dan sebagian lagi para pedagang tersebut menempati Terminal AKAP sebagai tempat penampungan sementara, hingga Pasar Induk selesai," pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan