News

Cegah Kebakaran Lahan, BPBD Pekanbaru Gandeng MAPB

 

SUARA PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru mengimbau masyarakat mewaspadai ancaman kemarau. Cuaca di Kota Pekanbaru selama satu pekan ini panas.

Kondisi ini terjadi karena diprediksi bakal memasuki musim panas. Ada kemungkinan pada bulan ini sudah memasuki musim panas.

"Cuaca panas selama satu pekan ini, kemungkinan September ini sudah memasuki musim panas," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra.

Pihaknya berkoordinasi dengan BMKG untuk mengetahui kondisi terkini cuaca di Kota Pekanbaru. Mereka pun bisa melakukan persiapan sekaligus memberi imbauan kepada masyarakat terkait kondisi cuaca.

Dirinya menyebut bahwa untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan pihaknya menggandeng Masyarakat Peduli Api Bertuah (MPAB). Mereka membantu BPBD dalam upaya mencegah kebakaran lahan di wilayah yang rawan kebakaran lahan.

"Nantinya ada yang membantu BPBD dalam mencegah kebakaran lahan meluas, terutama di wilayah rawan kebakaran lahan," paparnya

Zarman menambahkan bahwa saat ini luas lahan yang terbakar mencapai puluhan hektar selama hampir sembilan bulan. Total luas lahan yang terbakar sejak Januari 2023 lalu mencapai 37 hektar.

Pihaknya pun bahu membahu dengan instansi terkait untuk melakukan upaya pemadaman. Mereka melakukan kordinasi dengan TNI, Polri hingga Manggala Agni.

"Kami terus mengingatkan agar masyarakat tidak membuka lahan dengan masyarakat," ulasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan