News

3 SMP Negeri Akan Dibangun, Tapi Lahan Belum Ada

 

SUARA PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, berencana akan membangun tiga SMP Negeri di tahun 2024. Namun, untuk pembangunan sekolah itu, Pemko Pekanbaru belum mendapatkan lahan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, tiga SMP itu akan dibangun di Kecamatan Tenayan Raya, Tuah Madani dan Rumbai.

Dikatakannya, untuk di Tenayan Raya sudah ada lahannya, sementara untuk Kecamatan Tuah Madani dan Rumbai belum memiliki lahan.

"Di Tenayan Raya, itu (lahannya) sudah ada di kawasan perbatasan Sementara di Kecamatan Tuah Madani dan Rumbai, saat ini belum memiliki lahan," ujar Jamal, Minggu (20/8/2023).

Karena itu, Pemko Pekanbaru saat ini Pemko Pekanbaru sangat membutuhkan hibah tanah dari warga.

"Di Tuah Madani, rencananya kita mau bangun di depan UIN. Sekarang memang sedang ada juga (SMP negeri yang dibangun) di Tuah Madani, tapi kan di kawasan Damai Langgeng," katanya.

Menurutnya, jika tidak ada hibah tanah, pembangunan SMP negeri baru di Tuah Madani kemungkinan dialihkan ke Kecamatan Kulim mengingat di kecamatan pemekaran itu masih membutuhkan SMP negeri.

"Kalau tidak juga ada (hibah) tanah, kita tambah RKB (ruang kelas baru) di (SMPN) 42. Itu alternatif yang kita siapkan. Karena dari pengalaman kita, saat PPDB di lokasi ini (Kulim) masih banyak (tamatan SD) yang belum tertampung," sebutnya.

Sedangkan untuk Kecamatan Rumbai, pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) di SMPN 24 juga menjadi alternatif jika tidak mendapatkan hibah tanah dari warga.

"Di Rumbai kalau tidak ada tanah, mungkin kita bangun RKB dulu di SMP Negeri 24, itu masih kekurangan. Jadi kalau tidak dapat tanah di Rumbai, RKB kita tambah di (SMPN) 24," pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan