News

Gubri Berharap SMK Miliki Jurusan Sesuai Kebutuhan Industri

 

SUARA PEKANBARU - Kabupaten Bengkalis merupakan salah satu daerah industri yang ada di Provinsi Riau. Banyak perusahaan industri yang beroperasi disana, tetapi mereka (perusahaan) mengeluhkan kekurangan tenaga kerja.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melihat hal itu sebagai peluang yang harus diambil oleh anak di Bengkalis. Sehingga ia menginginkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada disana mempunyai jurusan yang dibutuhkan perusahaan industri itu, seperti jurusan teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin, hingga perminyakan.  

Tidak hanya selalu menyediakan jurusan perhotelah, perkantoran, dan perbankan, Gubri ingin didaerah industri pendidikannya juga harus bisa menyesuaikan, sehingga saat pasar kerja membutuhkan maka Bengkalis sudah siap dengan SDM nya.

"Contohnya Pertamina Hulu Rokan (PHR), mereka mengeluhkan kekurangan tenaga kerja. Bahkan kalau ada tenaga kerja baru, itu bukan dari anak lokal, dari luar," ujar Gubri usai memberikan SK PPPK Guru di SMKN 3 Mandau Kabupaten Bengkalis, Jumat (4/8/2022).

Gubernur Syamsuar menyayangkan jika perusahaan yang beroperasional di Bengkalis, tetapi yang bekerja disana adalah anak luar Bengkalis bahkan luar Riau. Padahal sebaiknya anak pribumilah yang harusnya bisa mengisi kekosongan yang ada di perusahaan industri tersebut.

"Kalau ada jurusan sesuai kebutuhan industri, ketika mereka membuka kesempatan, kita sudah siap. Sehingga kita tidak menjadi penonton dinegeri sendiri," pungkas Gubernur Syamsuar.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan