News

Kota Pekanbaru Berstatus Siaga Karhutla

 

SUARA PEKANBARU - Suhu rata-rata Kota Pekanbaru mencapai 38° celsius semenjak memasuki tahun 2023. Tingginya suhu ini menyebabkan cuaca Kota Pekanbaru panas dan kering.

Oleh karena itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Chandra mengimbau warga waspada. Kota Pekanbaru saat ini berstatus Siaga Karhutla hingga 31 Oktober 2023.

"Suhu Kota Pekanbaru saat ini sangat ekstrim, kisaran rata-rata mencapai 38° Celcius. Maka kita imbau agar warga jangan membakar di kawasan lahan yang kering, karena api akan sulit dipadamkan dan bisa menyebar," ujarnya, Senin (31/7).

Zarman juga mengimbau agar warga yang memiliki lahan tidur melakukan pemantauan kepada lahan tersebut. Percikan api bisa terjadi ketika lahan sangat kering dan berunsur gambut.

"Kami himbau kepada pemilih lahan yang akan memanfaatkan lahannya untuk ditanam atau difungsikan sebagai pemukiman agar tidak membuka lahan dengan membakar. Dan pemilik lahan tidur untuk dapat memantau dan mengawasi lahannya," jelasnya.

Sementara itu, BPBD Pekanbaru mencatat sepanjang tahun 2023, telah terjadi 49 kasus kebakaran lahan di berbagai lokasi. Total lahan yang terbakar sekitar 29, 243 Hektar.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan