News

Realisasi Pajak Dikelola Bapenda Pekanbaru Telah Mencapai Rp325 Miliar

 

SUARA PEKANBARU - Terhitung Januari hingga Juli 2023, realisasi objek pajak daerah yang dikelola Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru mencapai Rp325 miliar.

Realisasi pajak daerah tersebut melebihi target yang telah ditetapkan pada Triwulan II. Dimana, Bapenda Pekanbaru berhasil mencapai 109 persen dari target pendapatan pajak di TW II.

"Secara umum capaian kita untuk TW II lebihi target sebesar lebih kurang 109 persen. Totalnya pencapaian dari TW I sampai TW II lebih kurang 325 miliar," ungkap Kepala Bapenda Kota Pekanbaru Alek Kurniawan, Selasa (18/7).

Lanjut Alek Kurniawan, hampir semua objek pajak melebihi target yang ditetapkan. Dari sebelas objek pajak, capaian paling tinggi ada di pajak Restoran dan Pajak Penerangan Jalan (PPJ).

"Yang paling tinggi itu restoran, PPJ. Ya hampir dari seluruh objek pajak terhadap target yang telah kita tetapkan di TW II itu capaiannya udah seratus persen," ujarnya.

Disampaikan Alek Kurniawan, saat ini pihaknya gencar mensosialisasikan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Menurutnya, PBB merupakan salah satu pajak primadona karena sifatnya tahunan.

Bapenda saat ini membuka layanan atau gerai dan menjemput bola. Bapenda Pekanbaru membuka gerai layanan di perumahan atau pusat keramaian dan bahkan di hari libur.

"Biasanya, masyarakat membayar PBB itu di TW III. Pada TW III ini kita gencar melakukan upaya-upaya jemput bola seperti, kita minta UPT dan kita juga melakukan membuka gerai layanan di perumahan-perumahan, dan kira-kira memang potensial untuk pembayaran PBB. Kadang sabtu minggu, jadi nggak ada hari libur lah kita," ucapnya.

Bapenda Pekanbaru ditargetkan Rp792 miliar Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari objek pajak. Untuk mencapai itu, Bapenda Pekanbaru sudah memberikan berbagai stimulus untuk wajib pajak. Sepeti penghapusan denda pajak dan keringanan lainnya bagi wajib pajak.

Pada TW I, Bapenda Pekanbaru berhasil mencapai target dan bahkan over target. Pada TW I, Bapenda Pekanbaru mengumpulkan Rp153 miliar atau sekitar 125 persen dari 100 persen target yang ditetapkan pada TW I.

Kemudian pada TW II, Bapenda kembali menunjukkan capaian yang positif dengan nilai Rp325 miliar atau sekitar 109 persen dari target TW II. Melihat capaian itu, Bapenda Pekanbaru pun optimis bisa mencapai target yang telah ditetapkan Pemko Pekanbaru.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan